PROSES REGISTRASI PADA EVENT 6th ASIA RESPIRATORY LEADERSHIP FORUM 2019


Nabila Berliana Farani, Etty Khongrat

Abstract


Registrasi pada event penting dilakukan karena menjadi tahapan awal bagi peserta untuk dapat mengikuti rangkaian kegiatan acara. Penyelenggaraan event dengan jumlah peserta yang banyak membutuhkan sistem registrasi yang tepat, dalam menentukan sistem tersebut tentu melalui beberapa proses persiapan. Perumusan masalah pada penelitian adalah bagaimana proses registrasi pada pre dan during event. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi proses registrasi pada pre dan during event. Metode penelitian menggunakan kualitatif sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi langsung kepada staf registrasi. Analisis data yang digunakan menjelaskan pada proses registrasi pre dan during event. Lokus penelitian yaitu pada event 6th Asia Respiratory Leadership Forum 2019 di Hotel Grand Sheraton Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses registrasi yang dilakukan oleh peserta pada event forum terbagi menjadi dua tahap. 1) Preregistrasi event, peserta melakukan registrasi dengan mengirimkan email kehadiran yang berisi nama, kontak pribadi, dan bukti booking kedatangan kepada organizer. 2) During registrasi event, peserta yang sudah melakukan pre-registrasi selanjutnya menuju booth re-registrasi dengan menunjukkan nama dan konfirmasi email sedangkan peserta yang belum terdaftar melakukan onsite registrasi secara manual.

Full Text:

PDF

References


A, Yoeti, Oka, Drs. MBA, 2000, Manajemen Wisata Konvensi, Jakarta: PT Pertja.

Anderson, Judy, 2010, Event Management Simplified, AuthorHouse: Bloomington.

Gunawijaya, Jajang, 2006, Pengelolaan Usaha Jasa MICE (Meetings, Incentives, Conventin And Exhibition), Jakarta: Program D III Pariwisata FISIP UI.

Van der Wagen, Lynn and White Lauren, 2018, Event Management: For Tourism, Cultural, Business And Sporting Events 5th Edition, Sydney: Cengage.

Price, Catherine, 2014, AMA Guide for Meeting and Event Planners, New York City: AM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.