PENGGUNAAN DIGITAL INFLUENCER DALAM KEGIATAN PROMOSI WORKSHOP (Studi Kasus: Workshop HCI x GET 2019 Palembang)


Farah Nabilah, Tuty Herawati

Abstract


Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Salah satu cara untuk mempromosikan sebuah event dan meningkatkan kesadaran kepada publik adalah dengan menggunakan Digital influencer. Digital influencer adalah sebuah fenomena dalam promosi produk di industri media digital. Para Digital Influencer merupakan seseorang atau figur dalam media sosial yang memiliki jumlah pengikut yang banyak atau signifikan, dan hal yang mereka sampaikan dapat mempengaruhi perilaku dari pengikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Digital Influencer dalam mempromosikan suatu workshop. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan cara turun dan mengamati langsung kegiatan workshop. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik pengukuran Engagement rate dan Persentage Reach yang menempatkan data ke dalam kategori. Hasil penelitian mengungkapkan, menggunakan Digital Influencer dalam kegiatan promosi merupakan suatu cara yang sangat optimal. Perlu diperhatikan engagement yang terjadi antara influencer dan followersnya, dan seberapa percaya khalayak terhadap sosok influencer tersebut. Disarankan untuk membuat jadwal posting para influencer sehingga pemostingan akan berjalan dengan lebih teratur dan optimal.

Full Text:

PDF

References


Evelina, Lidya., Handayani Fitri. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk BLP.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Creswell, J. W. 1994. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications. London.

Creswell, J. W. (2007), "Qualitative inquiry and research design: choosing among five approaches," Thousand Oaks London New Delhi, Sage Publication.

Denzin, N. K. & Lincoln, Y. S. (1994), "Handbook of qualitative research," Thousand Oaks London New Delhi, Sage Publication


Refbacks

  • There are currently no refbacks.