Aktivitas Loading dalam Penyelenggaraan Pameran Plastics & Rubber Indonesia oleh PT. Pamerindo Indonesia


Muhammad Nabil Anandy, Maswir Mawi

Abstract


Salah satu faktor pameran dikatakan efektif pelaksanaannya adalah pada aktivitas saat pra event yaitu loading in dan saat post event yaitu loading out. Karena kedua kegiatan ini sangat erat hubungannya dengan pengadaan atau masuknya produk yang akan dipamerkan pada pengunjung yang datang, pembuatan suasana pameran, kerapihan dan penataan booth yang baik akan membuat pengunjung mudah untuk menemukan booth yang mereka cari, kemudian pembongkaran atau pengaturan pengeluaran produk peserta pameran secara baik tanpa ada barang peserta pameran yang tertinggal ataupun hilang, agar timbul loyalitas peserta dalam pameran berikutnya diselenggarakan perusahaan. Untuk itu tujuan penulis adalah menganalisa prosedur dan aktivitas loading in dan loading out dalam penyelenggaraan pameran Plastics & Rubber Indonesia yang diselenggarakan oleh PT Pamerindo Indonesia tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Field Research yaitu peninjauan langsung kelapangan pada saat pameran dilaksanakan dengan mengamati tata kerja pelaksanaan dan didukung dengan dokumentasi yang diperlukan. Metode Analisa yang diterapkan adalah Analisa Deskriptif infransial yaitu suatu tehnik menjabarkan dan menyimpulkan dari hasil observasi dan dokumentasi yang diperoleh untuk dapat dipahami. Dari hasil Analisa yang diperoleh flow chart sebagai gambaran prosedur kerja dan dijelaskan dengan bukti-bukti dokumentasi yang diperlukan.

Full Text:

PDF

References


Evelina, Lidia (2007). Event Organizer Pameran, Cetakan Ketiga. PT. Indeks Gramedia.

Jin, Xin (2011). Dimensions and Perceptional Differences of Exhibition Destination Attractiveness: The Case of China Department of Tourism, Leisure, Hotel and Sports Management. Griffith Business School, Australia

Nurul Vellayeti dan Maswir (2016), Pelaksanaan Penjualan Booth Dalam Event World Renewable Energy Congress 2016 Pada PT. Pactoconvex Niagatama. Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta.

Subagyo Pangestu, Drs., M.B.A. (2000), “Manajemen Operasi”

Christie, Marie, dan Lesley McAteer. 2006. Events Management: a practical guide. Edinburgh : Event Scotland

Richard Koong, (2000), “Organizing an Exhibition A Manual for Chambers & Trade Associations Incorporating: “How to organise a group participation in an international trade exhibition”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.