Ruang Lingkup Pekerjaan Administrasi Pada Event Penyuluhan Jasa Keuangan


Anisah Isnaeni, Sudarno Sudarno, Sudarno Sudarno

Abstract


Pada penelitian ini penulis mengasumsikan bahwa pentingnya bagi organizer dan juga pihak-pihak yang mendalami ilmu pada industri MICE untuk mengetahui dan lebih memahami pekerjaan apa saja yang harus dilakukan dalam penyelenggaraan sebuah event salah satunya dalam pekerjaan administrasi. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui spesifikasi pekerjaan yang dilakukan pada administrasi event dan untuk memahami aspek-aspek yang mempengaruhi pekerjaan administrasi event. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pertama peneliti melakukan pengamatan terhadap cara kerja PT Alco Media Convex pada tahap pra, during, dan post event. Kedua mengdentifikasi jenis-jenis tugas administrasi yang dikerjakan pada pelaksanaan event penyuluhan jasa keuangan. Ketiga membandingkan hasil catatan lapangan pada pelaksanaan event penyuluhan jasa keuangan dengan teori yang ada mengenai administrasi event. Terakhir melakukan wawancara kepada pihak organizer yaitu PT Alco Media Convex mengenai aspek-aspek yang mempengaruhi pekerjaan administrasi pada event penyuluhan jasa keuangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek-aspek yang mempengaruhi pekerjaan administrasi pada event ini dapat dibagi menjadi kelompok yaitu berdasarkan waktu pelaksanaannya dan jenis tugasnya. Selain itu ada aspek-aspek yang mempengaruhi ruang lingkup pekerjaan administrasi event yaitu jenis event berdasarkan skalanya, siapa stakeholder dari event, landasan hukum dari penyelenggaraan event tersebut, dan peran organizer dalam penyelenggaraan event tersebut.

Full Text:

PDF

References


Silvers, Julia Rutherford (2007). Analysis of the International EMBOK Model as a Classification System. Paper presented at the 2007 Las Vegas International Hospitality & Convention Summit.

Allen, Johnny. 2011. Festival & Special Event Management. Australia: John Wiley & Sons Australia.

Bungin, Burhan. 2012. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Allen, J., O’Toole, W., Harris, R., & McDonnel, I. 2011. Festival & Special Event Management. Autralia: Wiley Australia Tourism Series.

Webster, Merriam. 1974. The Merriam-Webster Dictionary. New York: Pocket Books.

Arif, Mirrian S. 1990. Hubungan Antara Administrasi, Organisasi dan Manajemen. Tangerang: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.