Peran Publikasi dan Dampak pada Pelaksanaan Festival Perhutanan Sosial Nasional 2019


Muhamad Radhitya Iksal Putra, Amirudin Amirudin

Abstract


Kegiatan Festival Perhutanan Sosial Nasional (PeSoNa) 2019 yang telah berlangsung pada 27 – 28 November 2019 di Auditorium Dr. Soedjarwo dan selasar Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta. Melibatkan pihak internal yaitu Bina Usaha Perhutanan Sosial dan Hutan Adat (BUPSHA) dibawah Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL). Kegiatan dengan tema “Pesta Rakyat” ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada publik tentang perkembangan hasil dari upaya pemerintah dan masyrakat dalam pengelolaaan perhutanan sosial di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran publikasi dan dampak pada pelaksanaan Festival Perhutanan Sosial Nasional (PeSoNa) 2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif analisis berdasarkan kumpulan teori dan pengamatan secara langsung pada saat persiapan sampai pelaksanaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan dan menganalisa dari data yang diperoleh. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses persiapan dan pelaksanaan publikasi melalui beberapa tahap seperti 1) Rapat persiapan; 2) Menentukan program; 3) Membuat desain; 4) Membuat press release; 5) Konfirmasi pimpinan; 6) Pemasangan materi publikasi

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. (2006) Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Goldblatt, Joe. (1997). Business Dynamics: Special Events: Best Practices in Modern Event Management.Washington D.C: Wiley

Kesrul, M. (2004). Meeting, Incentive Trive, Conference, Exhibition. Jakarta: Graha Ilmu.

Moh Nazir. (2003) Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Jogjakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.