Efektivitas Sponsorship Dalam Penyelenggaraan Pameran 34th Trade Expo Indonesia


Alifa Rahida Aulia Fitra, Imam Syafganti

Abstract


Dalam penyelenggaraan sebuah event dibutuhkan sponsor untuk membantu mencari dana dari pihak eksternal guna menambah anggaran dana acara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sponsorship dalam sebuah event, memahami proses mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan pameran. Metode yang digunakan adalah observasi secara langsung, pengumpulan data sekunder dari buku-buku materi, dan dokumentasi selama proses kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sponsorship berperan penting dalam efektivitas sebuah pameran, mengetahui serta memahami tahap-tahap yang dilakukan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan dari penyelenggaraan pameran 34th Trade Expo Indonesia. Selain itu terdapat juga hambatan seperti kesalahan komunikasi antara penyelenggara dengan pihak sponsor, beserta solusinya ialah menangani dan menjelaskan dengan cepat tanggap. Adapun hambatan serta solusi tersebut menjadi evaluasi dalam pelaksanaan event berikutnya.

Full Text:

PDF

References


Evelina, Lidia. 2011. “Paradigma Baru Sponsor Sebagai Mitra Penyelenggaraan Event.” Humaniora 2(2): 986.

Industri MICE Indonesia Punya Posisi Kuat di Luar Negeri. 2019. Diakses 16 Oktober 2019. https://venuemagz.com/event/industri-miceindonesia-punya-posisi-kuat-di-luar-negeri/

Isnaini, Santi. 2004. “Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Indonesia.” Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik 22(4): 324–32.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta: Jakarta.

Yaseri, Anggito Putra. 2012. “Analisis Pengaruh Sponsor Acara Terhadap Citra Merek (Studi : Acara AXIS Makin Dekat Dengan Rakyat).” http://repository.unand.ac.id/19213/1/Skripsi_ MP_Anggito Putra Yaseri_07952017.pdf.

Karsonno, Dwi. 2016. Bisnis Pameran Ala Dwi Karsonno. ed. Aris Wijaya. Bee Media.

M Kesrul. 2004b. Panduan Praktis Pramuwisata Profesional. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.