Strategi Pemilihan Key Opinion Leader dalam Membangun Brand Awareness pada Event Rebranding OLX


Kiki Widianti, Rimsky Kartika Judisseno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan OLX dalam pemilihan Key Opinion Leader (KOL) dalam meningkatkan brand awareness pada event Rebranding OLX 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan Teknik pengambilan data berupa observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari observasi berupa data primer yang didapatkan dari pengamatan secara langsung di lapangan dan data wawancara dijadikan sebagai data sekunder untuk mendukung data primer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian diantaranya: 1) Strategi yang digunakan dalam pemilihan KOL untuk meningkatkan brand awarenass terdapat 3 kriteria, yaitu seseorang yang berpengalaman dan ahli di bidang tertentu, memiliki pengaruh yang besar di sosial media, memiliki follower yang banyak dan memiliki kemampuan berbicara secara interaktif. 2) Hambatan yang ditemukan ada 3, diantaranya ketentuan mengenai kontrak talent dengan brand lain, jadwal talent dan anggaran. 3) Hal yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ditemukan diantaranya mencari talent lain yang sesuai kriteria, melakukan lobby sejak jauh hari dan menyesuaikan anggaran dengan kebutuhan.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 1991. Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: The Free Press.

Rossiter, J.R. and Percy, L. (1987) Advertising and Promotion Management. New York: McGraw Hill Book Company

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Macdonald, E. K., & Sharp, B. M. (2000). Brand Awareness Effects on Consumer Decision Making for a Common, Repeat Purchase Product: A Replication. Journal of Business Research, 48, 5-15. Doi: https://doi.org/10.1016/S0148-2963(98)00070- 8

Muzellec, Laurent, Manus Doogan and Mary Lambkin. 2003. “Corporate Rebranding An Exploratory Review” Irish Marketing Review. 16(2). 31. Doi: 10.21427/D7XN04

Muzellec, L and Lambkin, M. (2006) Corporate Rebranding: destroying, transferring or creating brand equity?. European Journal of Marketing, Volume 40, 7/8, pp. 803-824. Doi: 10.1108/03090560610670007

Tong Jana, M. Hawley,(2009),"Creating brand equity in the Chinese clothing market", Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, Vol. 13 Iss 4 pp. 566 – 581. Doi: 10.1108/13612020910991411

Influencermarketinghub.com (2020, 26 March). KOLs – What are They and Why Should You Care? Diakses pada 9 Mei 2020, https://influencermarketinghub.com/kols-keyopinion-leader/

Activecampaign.com (2019, 22 August) What are KOLs? Why are You Need KOLs in Marketing Strategy? Diakses pada 9 Mei 2020 https://www.activecampaign.com/blog/keyopinion-leaders


Refbacks

  • There are currently no refbacks.