Proses Registrasi Visitor pada Event Indonesia Infrastructure Week 2019


Della Frishela, Etty Kongrat

Abstract


Registrasi merupakan salah satu bentuk indikator kesuksesan penyelenggaraan pameran agar tidak menimbulkan kendala dengan tata cara registrasi yang terbagi menjadi dua, yaitu online registration dan onsite registration. Proses registrasi diperlukan untuk menjelaskan suatu tata cara registrasi dari seluruh pihak yang terlibat. Tujuan penelitian menjelaskan proses registrasi pada event Indonesia Infrastructure Week 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi terhadap proses registrasi dan wawancara langsung dengan senior marketing manager perusahaan. Analisis data menjelaskan proses registrasi melalui dua mekanisme yaitu registrasi awal dan registrasi ulang. Lokus penelitian dilakukan pada event Indonesia Infrastructure Week 2019 di JIEXPO Kemayoran. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses registrasi terbagi menjadi dua mekanisme, yaitu registrasi awal dan registrasi ulang. Registrasi awal merupakan alur registrasi online yang diawali dengan mengumpulkan database perusahaan, menghubungi calon visitor, mengirimkan e-formulir pendaftaran, mengirimkan bukti konfirmasi pendaftaran online, dan melakukan follow up. Registrasi ulang merupakan alur registrasi yang ditujukan kepada visitor yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran online, dengan menunjukan bukti konfirmasi dan data diri. Selain registrasi ulang, terdapat registrasi onsite yang ditujukan kepada visitor yang melakukan pendaftaran di tempat.

Full Text:

PDF

References


Gunawijaya, Jajang (2006). Pengelola Usaha Jasa MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Jakarta:ProgramD3 FISIP UI.

Masteralexis, Mary Hums. 2005. “Definition of Registration”. Journal of Principles and Practice ofSport Management. 329

http://www.diva-portal.org/smash/get/diva 2:1221189/FULL TEXT01.pdf diakses 18 November 2019

http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789 /5273/06Bab2_Krisnawati_10080011116_skr_2015.pdf?s equence=6 &isAllowed=y diakses 18 November 2019

https://www.siteglobal.com/ diakses 6 Desember 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.