Kegiatan Promosi Pada Event Bogor Wonderful Golf 2019 oleh DISBUDPAR Kabupaten Bogor


Widya Denata Sari, Amirudin Amirudin

Abstract


Indonesia memiliki pariwisata daerah yang beragam dari alam dan buatan. Salah satu pariwisata yang terkenal di Indonesia terdapat di Kabupaten Bogor. Kabupaten Bogor pun memiliki obyek wisata, sehingga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor harus memiliki cara untuk memperkenalkan wisata daerahnya tersebut kepada seluruh dunia juga Indonesia. Sehingga diketahui hal yang terpenting adalah memiliki promosi yang baik dan efektif dan dapat dievaluasi tentang kendala yang dihadapi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dalam menjalankan kegiatan promosinya. Dari hal itu diketahui juga bahwa tujuannya pun tentang bagaimana kegiatan promosi yang efektif, yang dapat dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor. Salah satu cara promosinya adalah pengadaan sebuah acara nasional dan internasional yang diadakan Kabupaten Bogor. Maka dibuatlah acara Bogor Wonderful Golf untuk peningkatan jumlah wisatawan ke daerah Kabupaten Bogor. Kegiatan Promosi Pada Event Bogor Wonderful Golf 2019 oleh Dinas Kabupaten Bogor ini juga bertujuan untuk mengetahui persiapan dan pelaksanaan promosi pada acara tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengumpulan data melalui metode wawancara dan observasi, sedangkan metode analisis data melalui cara metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Kegiatan promosi yang paling efektif adalah dengan melakukan metode telemarketing 2) Kegiatan promosi Bogor Wonderful Golf memiliki respon positif, yang bisa terlihat dari kuota peserta terpenuhi. 3) Acara Bogor Wonderful Golf 2019 adalah salah satu promosi pariwisata yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dan bisa dikatakan berhasil untuk meningkatkan dan mendorong peningkatan jumlah pengunjung ke Kabupaten Bogor.

Full Text:

PDF

References


Sterman, John D. (2000). Business Dynamics: Systems Thinking and Modelling for a Complex World. McGraw-Hill.

Preston, C.A. (2012) Event Marketing. WILEY.

Allen, Jhony.,et al. (2012) Events Management.

Routledge. Kotler, Philip dan Keller. (2008) Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kesrul, M. (2004) Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition. Grahallmu.

Setiadi, Nugroho. (2003) Perilaku Konsumen. Kencana.

Swastha, Basu. (2008) Manajemen Pemasaran Modern. BPFE.

laraspostonline.com (2017). Penkab Bogor Luncurkan Perda No.12 Th. 2016, Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.