Proses Pelayanan Tim Operasional pada Exhibitor Indonesia Fintech Summit and Expo 2019


Everlin Pudihang, Heri Setyawan

Abstract


Dalam sebuah event pameran, terdapat dua hal penting yang tidak dapat dipisahkan yaitu exhibitor (peserta) dan visitor (pengunjung). Sebagai penyelenggara, memberikan pelayanan yang maksimal kepada mereka merupakan sebuah kewajiban karena pelayanan yang maksimal akan memberikan kesan baik terhadap suatu event. Oleh karena itu, proses pelayanan exhibitor harus dipahami oleh seluruh tim termasuk tim operasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pelayanan exhibitor oleh tim operasional pada event Indonesia Fintech Summit and Expo 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif deferensial yaitu menjabarkan data yang diperoleh dalam bentuk kalimat dan flowchart. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pelayanan exhibitor pada proses persiapan hingga pelaksanaan event. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa proses pelayanan exhibitor pada tahap persiapan, dimulai dari pembagian ID Card, pembangunan booth hingga pemasukan barang display. Kemudian pada tahap pelaksanaan mengontrol exhibitor hingga serah terima barang display.

Full Text:

PDF

References


Rosson, P.J., & Seringhaus, F.H.R (1995). Visitor and exhibitor interaction at industrial trade fairs. Journal of Business Research, 32 (1), 81- 90.

Vellayeti, Nurul & Maswir (2018) Pelaksanaan Penjualan Booth dalam Event World Renewable Energy Congress 2016 pada PT. Pactoconvex Niagatama. Diakses pada 22 April 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.