Proses Perencanaan dan Penyelenggaraan Event Pertamina Digital Fun Run 2019


Nadya Amalia, Tuty Herawati

Abstract


Didalam sebuah proses penyelenggaraan sport event, terdapat rangkaian tahapan yang harus dilakukan oleh penyelenggara untuk menghasilkan sebuah sport event yang lancar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami proses penyelenggaraan sebuah small-scale sport event, berdasarkan pada event PertaminaDigital Fun Run 2019. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi secara langsung dan wawancara dengan pihak penyelenggara. Hasil penelitian ditemukan bahwa proses penyelenggaraan event ini memiliki tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi perencanaan dan tahap implementasi event. Serta dengan adanya perencanaan yang tepat penyelenggara dapat meminimalisir probabilitas kendala yang mungkin terjadi saat hari pelaksanaan.

Full Text:

PDF

References


Jago, Leo Kenneth, B.E, B.Ee, M.Bus. 1997. Special Events and Tourism Behaviour: A Conceptualisation and an Empirical Analysis from A Values Perspective. Victoria Univerity.

Kaplanidou, Kyriaki. 2010. The Meaning and Measurement of a Sport Event Experience Among Active Sport Tourists. University of Florida Christine Vogt Michigan State University Journal of Sport Management, 2010, 544-566 © 2010 HumanKinetics, Inc.

Gammon, Sean. 2011. Sports events: Typologies, People and Place. In: The Routledge Handbook of Events. pp. 104-118. Routledge

Masterman, Guy. 2004. Strategic Sports Event Management. Elsevier’s Science & Technology Rights Department. Oxford, United Kingdom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.