Penerapan Checklist Kebutuhan Operasional Exhibitor Pada Pelaksanaan Pameran: Indonesia Dental Exhibition & Conference 2019


Sekar Mayang Kuning, Sudarno Sudarno

Abstract


Kegiatan pameran di Indonesia semakin meningkat pesat dengan hadirnya jasa Professional Exhibition Organizer yang mampu menjalankan pameran dengan profesional dan sesuai dengan keinginan client. Exhibitor merupakan unsur terpenting dalam suatu pameran. Exhibitor merupakan peserta pameran yang membeli stan atau booth dalam suatu pameran. Di dalam stan exhibitor ada beberapa aspek penting dalam menunjang kepuasan exhibitor, salah satunya adalah aspek operasional booth, contoh aspek operasional stan antara lain, listrik, kursi, meja, dan lain lain. Checklist atau daftar periksa adalah jenis bantuan pekerjaan yang dilakukan untuk mengurangi kegagalan, membantu memastikan konsistensi dan kelengkapan dalam melaksanakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengobservasi tahapan penerapan checklist kebutuhan exhibitor pada pelaksanaan pameran Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif atas dasar observasi langsung terhadap penerapan checklist dalam pameran IDEC 2019. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara langsung, yaitu, dengan observasi dan melakukan partisipasi aktif dalam kegiatan checklist kebutuhan exhibitor pada pameran IDEC 2019. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan checklist kebutuhan exhibitor dalam pelaksanaan pameran IDEC 2019.

Full Text:

PDF

References


Walters, Donald, 2003. Logistics, an Introduction to Supply Chain Management Milan: Palgrave Mc.

Evelina, Lidia. 2015. Event Organizer Pameran. Jakarta: Indeks.

Rogers & Lembke, Tibben 1999. Reverse Logistics, Quantitative, Models For Closed-Loop Supply Chain. Berlin: Spinger-Verlag , Newyork: Heidelberg


Refbacks

  • There are currently no refbacks.