Penerapan Metode SWOT Matrix dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Booth Pameran JIPREMIUM 2019


Hanifati Azatil Ismah, Tuty Herawati

Abstract


MICE merupakan industry yang berkembang pesat dengan aspek – aspek yang cukup kompleks. Salah satunya adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran berperan besar dalam memaksimalkan potensi yang dapat dicapai, meraih target secara tepat dan menjadi landasan kegiatan pemasaran itu sendiri agar lebih terarah dan efektif. Jakarta International Premium Products Fair (JIPREMIUM) adalah pameran business to business berkonsep lifestyle dengan jenis produk konsumen yang sangat bervariasi. Pameran ini dipelopori oleh penyelenggara pameran terkemuka dari Korea Selatan, COEX. JIPREMIUM 2019 memiliki berbagai jenis produk yang ditawarkan, sehingga target exhibitor yang dituju pun sangat luas. Adanya aspek – aspek perencanaan pemasaran yang direncanakan kuran terstruktur menggeraka penulis untuk menganalisa apabila hal ini dapat dimaksimalkan dan akan menghasilkan output yang lebih baik dalam penjualan booth pameran JIPREMIUM pada tahun – tahun selanjutnya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode penelitian purposive. Observasi dilaksanakan mulai dari 1 Agustus – 31 Oktober 2019 bertempat di kantor penyelenggara di Jakarta Pusat, dengan variabel yang diteliti adalah strategi pemasaran booth pameran. Observasi dilakukan secara langsung oleh penulis selama masa persiapan pameran (1 Agustus – 31 Oktober 2019). Rancangan ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat bagi pameran JIPREMIUM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran pameran JIPREMIUM dapat dikembangkan dari titik berat price dan promotion

Full Text:

PDF

References


David, Fred R (2011). Strategic Management Concepts and Cases Thirteenth Edition. Pearson Prentice Hall.

Harisudin, Mohamad. (2019). Metode Penentuan Faktor – faktor Keberhasilan Penting dalam Analisis SWOT. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Vol. 3, No. 2.

Kotler, Philip. Armstrong, Gary. (2012). Prinsip – prinsip pemasaran. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Arcodia, Charles. Robb, Alastair. (2000). A Future for Event Management: A Taxonomy of Event Management Terms. Australian Centre for Event Management

Ferrel, O.C , D, Harline. (2005) Marketing Strategy. South Western. Thomson Corporation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.