Analisis Program Acara pada Pameran Crafina 2019


Gema Raka Febritanta, Amiruddin Amiruddin

Abstract


Seringin perkembangan zaman, pameran di Indonesia semakin berkembang untuk memperluas bisnis Indonesia, dikarenakan kebutuhan akan adannya pameran di Indonesia untuk berbagai bidang. Selain penyajian produk, terdapat pula Program yang disajikan untuk para pengunjung pameran dengan tujuan edukasi, mengembangkan kesadaran masyarakat tersebut, dan juga hiburan. Dalam hal ini, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft melalui Mediatama Binakreasi membuat program acara untuk mencapai tujuan program acara tersebut. Tujuan diadakannnya penelitian ini agar mengetahui proses yang dilakukan dari mulai perencanaan hingga akhir dalam Program Acara. Metode penelitian yang digunakan dengan metode kumulatif, dan pengumpulan data dengan observasi dengan berpartisipasi dalam pameran tersebut secara langsung, wawancara dengan Tim Inti, pengumpulan data sekunder dan dokumentasi selama pelaksanaan pameran. Hasil penelitian ini menunjukan pointpoint penting yang harus diperhatikan dalam Program Acara, memahami proses-proses yang dilakukan dalam program acara mulai dari persiapan, pelaksanaan, setelah pelaksanaan. Beberapa kendala-kendala yang dihadapi seperti beberapa point logistic yang tidak masuk kedalam checklist, program yang tidak sesuai dengan kondisi lapangan sehingga dapat mengakibatkan resiko. Hambatan dan solusi dijadikan evaluasi untuk kedepannya agar menjadi lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Silvers, J. R. (2004). Professional Event Coordination. Washington: Wiley.

EventScotland. (2006). Event Management Practical Guide. Edinburg


Refbacks

  • There are currently no refbacks.