Penanganan Sistem Website dalam Proses Registrasi Exhibitor pada China International Import Expo 2019


Rara Manda Apsari, Dewi Winarni Susyanti

Abstract


Sistem website dalam proses registrasi exhibitor yang digunakan pada pameran China International Import Expo (CIIE) 2019 di Shanghai menjadi dasar studi penelitian ini. Sistem website ini belum umum digunakan pada proses registrasi exhibitor pameran di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami persiapan, proses, kendala, dan solusi penanganan sistem website dalam proses registrasi exhibitor pada pameran China International Import Expo 2019 oleh PT Dyandra Promosindo. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yang pertama dengan melakukan wawancara kepada pihak organizer Indonesia, khususnya tim yang menangani pameran CIIE 2019.Lalu yang kedua melalui pengamatan / observasi secara langsung pada proses persiapan pameran dalam hal sistem website kepada exhibitor Paviliun Indonesia pada China International Import Expo 2019. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data dengan cara menyelidiki, mendeskripsikan, menggambarkan, dan menjelaskan data-data untuk dianalisis dan dijadikan sebuah rangkaian dari tahap persiapan, tahap penanganan, hingga kendala dan solusi yang dihadapi. Hasil dari jurnal ini memberikan gambaran kepada pembaca bagaimana mempersiapkan, melakukan, dan menghadapi masalah dalam proses registrasi exhibitor pada sistem website pameran China International Import Expo (CIIE)

Full Text:

PDF

References


Adies. 2017. "Pengertian Sistem, Informasi, Berbasis Website”. (https://phpdanmysql.com diakses 10 Oktober 2019)

Friedman, S. 2009. “Sponsorship: A Key to Powerful Marketing”. (http://www.newjournalarticles.org diakses 5 Oktober 2019)

Abdullah, Iqbal Alan. 2009. Manajemen Konferensi dan Event.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Fitz-Roy, Gary. 1997. Exhibitions: A Complete Guide. Gary Fitz-Roy Fitz-Roy Group Management, Warriewood, N.S.W.: Business & Professional Publishing

Getz, D. 1997. Event Management and Event Tourism. New York: Cognizant Communications Corporation.

Jung, M. 2005. “Determinants of exhibition service quality as perceived by attendees”. Journal of Convention and Event Tourism. 7 (3), 85-98.

Kesrul, M. 2004. Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition. Jakarta: Graha Ilmu

Ladkin, A., Spiller (Whitfield), J.E., 2000. “The European exhibition market, travel & tourism intelligence; market segments”. Travel & Tourism Analyst 2. 49-63

Noor, Any. 2007. Globalisasi Industri MICE. Bandung: Alfabeta

Noor, Any. 2009. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta Pendit, Nyoman. S. 1999. Ilmu Pariwisata, Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti

Rogers, Everett M. 2003. Diffusion of Innovation 5th Edition. New York: Free Pass

Ruslan, Rosady, 2005. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

KBBI. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). (http://kbbi.web.id/rehabilitasi diakses 8 Oktober 2019)

Wikipedia. 2019. “Sistem.” (https://id.wikipedia.org diakses 10 Oktober 2019) 2019. “China International Import Expo”. (https://ciie.org diakses pada 6 September 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.