BIDDING DESTINATION WEDDING PLANNERS CONGRESS 2021


Zahira Trihandriani, Sudarno Sudarno

Abstract


Setiap tahun Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melakukan bidding nasional maupun internasional yang didapat dari penasihat bidding ataupun dari asosiasi dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari sebelum, saat dan setelah bidding Destination Wedding Planners Congress 2021, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan, menjabarkan, menafsirkan suatu data yang diperoleh selama praktik kerja dan dibandingkan dengan teori yang berkaitan. Penelitian ini menghasilkan sebuah skema pelaksanaan bidding yang dilakukan oleh pemerintah serta hambatan-solusi melaksanakan bidding pada masa pandemic COVID-19.


Full Text:

PDF

References


Arcodia, Charles dan Robb, Alastair. 2000. “A Future for Event Management: A Taxonomy of Event Management Terms”. University of Technology, Sydney

IAPCO. 2018. Rebrand – Bidding for A Congress. United Kingdom: IAPCO

ICCA. 2018. 2017 ICCA Statictic Report Country & City Rankings. Amsterdam: ICCA

Karsonno, Dwi. 2016. Bisnis Pameran ala Dwi Karsonno. Edisi Pertama, Bee Media. Jakarta

Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi. 1998. Surat Keputusan Menteri Parpostel No.KM 108/HM.703/MPPT-91. Jakarta

Tansakul, Pavit. 2008. “Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) Tourism Development in Japan: Case studies from Kyushu scoping in Fukuoka, Kumamoto and Beppu City”. Ritsumeikan Asia Pacific University. Tokyo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.