KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI DAN KETIDAKEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI VIRUS CORONA


Wahyudi Utomo, Tuti Hartati, M. Ikhsan

Abstract


Selama masa Pandemi Cov-19 telah mengubah cara belajar dan metode belajar yang selama ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana efektifitas pembelajaran on line atau pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan belajar mandiri dan melihat faktor apa saja yang mempengaruhi ketidakefektifan pembelajaran siswa selama masa pandemic ini. Self-regulated learning adalah suatu cara bagaimana individu mengontrol dan mengarahkan tindakannya di dalam perencanaan, pemantauan, pengarahan diri dan mengevaluasi diri yang akan berpengaruh secara langsung kepada perubahan tingkah laku agar penguasaan pengetahuan dan keterampilan dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian survey, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga di Politeknik Negeri Jakarta yaitu sebanyak 1094. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Jumlah sampel yang diambil dan terkumpul sebanyak 121 mahasiswa, Baik mahasiswa laki-laki atau perempuan. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diketahui self-regulated learning pada mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga memiliki self-regulated learning tinggi. Rekomendasi temuan penelitian diharapkan mampu mendukung berbagai temuan sebelumnya sekaligus mampu memberikan solving problem bagi program studi untuk mengelola pembelajaran dengan menerapkan blended learning dengan bantuan teknologi untuk mengelola model pembelajaran pasca pandemi berakhir.


Full Text:

PDF

References


Heru Basuki, A. (2005). Kreativitas, keberbakatan intelektual dan faktor-faktor pendukung dalam pengembangannya. Depok:

Mulyadi, S.Basuki. H, dan Rahardjo W. (2018). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-teori Baru Dalam Psikologi. Depok: Rajawali Pers

Sudjana. (2003). Hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar fisika siswa kelas 2 smu negeri 5 jakarta (Skripsi). Depok: Universitas Indonesia.

Sumarmo, U. (2009). Kemandirian belajar (apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik). Retrieved September 30, 2013, from http://math.sps.upi.edu/?p=61

Suminarti, F., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SLR) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal ilmiah psikologi terapan , 01, 147-149.

Utomo, Wahyudi (2021) Tingkat Penguasaan Self-Regulated Learning Skills pada mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga. Jurnal Epigram Vol 18, No.1 (59-65).

Wolters, C., Pintrich, P., & Karabenick, S. (2003). Assesing academic self-regulated learning. Conference on Indicators of Positive Development: Child Trends.

Yoenanto, N. H. (2010). Hubungan antara self-regulated learning dengan self-efficacy pada siswa akselerasi sekolah menengah pertama di jawa timur. Jurnal , 12, 90-93.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (1989). Self regulated leraning and academic achievement: Theory, research and practice. New York: Springer-Verlag.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.