ANALISIS SWOT-AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA STRATEGIPEMASARAN BUKU RENEBOOK


Bagus Triatmojo Wahyukusumo, Iis Mariam, Nidia Sofa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif strategi pemasaran yang potensial bagi Penerbit Renebookdi era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dengan teknik analisis SWOT kualitatif dan Analytical Hierarchy Process. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive dengan responden ahli berjumlah 6 orang yang berasal dari Penerbit Renebook dan akademisi Politeknik Negeri Jakarta di bidang jurnalistik dan pemasaran. Objek penelitian ini adalah Penerbit Renebook dengan lama waktu penelitian sekitar 6 bulan. Dari hasil analisis SWOT-AHP pada strategi pemasaran Buku Renebook ditemukan bahwa kriteria dan sub-kriteria dengan peringkat kepentingan 3 tertinggi adalah threats “penjualan buku bajakan di marketplace dan penyebaran e-book ilegal”, strengths “banyak promosi penjualan yang ditawarkan” dan opportunities “terdapat beberapa pasar genre buku yang belum dimasuki” dengan alternatif strategi pemasaran yang potensial digunakan oleh Penerbit Renebook di era digital adalah strategi pemasaran digital.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika 2021, Berita Resmi Statistika: Hasil Sensus Penduduk 2020, Jakarta: Badan Pusat Statistika dan Kementerian Dalam Negeri.

Creswell, J. W. & Clark, V. L. P. 2018, Mendesain dan Melaksanakan Mixed Methods Research Edisi 2, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Desfourina, F. (2018). Dengan 5 Aplikasi Ini Kamu Bisa Menjadi Seorang Penulis! Diakses di https://www.gramedia.com/blog/daftar-aplikasi-menulis-bisa-menjadikanmu-penulis/ pada 18 Juli 2021.

Falatehan, A. F. 2016, Analytical Hierarchy Process (AHP): Teknik Pengambilan Keputusan untuk Pembangunan Daerah, Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Ikatan Penerbit Indonesia, Tanpa Tahun, Resume Survei Dampak Covid-19 Terhadap Industri Penerbitan Buku di Indonesia, Diakses di https://www.ikapi.org/riset/ pada 5 Maret 2021.

Irina, F. 2017, Metode Penelitian Terapan, Yogyakarta: Parama Ilmu.

Kementerian Dalam Negeri, http://prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id/gj penduduk_detil/ diakses pada 17 Juli 2021.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia 2020, Laporan Kinerja Pembangunan Industri Tahun 2020, Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Kim, Y. J. 2021, Insight: #Kpop Twitter achieves new record of 6.7 billion Tweets globally in 2020, Diakses di https://blog.twitter.com/en_us/topics/insights/2021/kpoptwitter-achieves-new-record-of-6-billion-tweets-globally-in-2020 pada 17 Juli 2021.

Muljono, R. K. 2018, Digital Marketing Concept: Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk Membuat Perubahan Besar, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahim, A. R. & Radjab, E 2016, Manajemen Strategi, Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Saaty, T. L. & Vargas, L. G. 2012, Models, Methods, Concepts & Applications of the Analytic Hierarchy Process, Second Edition, London: Springer.

Sekretariat Ikatan Penerbit Indonesia 2020, Hari Buku Nasional 2020 dalam Situasi Pandemi Covid-19, Diakses di https://www.ikapi.org/2020/05/18/hari-buku- nasional-2020-dalam-situasi-pandemi-covid-19/ pada 23 Maret 2021

Sekretariat Ikatan Penerbit Indonesia 2021, Literasi Terkoyak Pandemi, Diakses di https://www.ikapi.org/2021/04/06/literasi- terkoyak-pandemi/ pada 7 Juli 2021.

Sekretariat Ikatan Penerbit Indonesia 2021, Menyelamatkan Perbukuan, Diakses di https://www.ikapi.org/2021/05/31/menyelamatkan-perbukuan/ pada 7 Juli 2021.

Suci, R. P. 2015, Esensi Manajemen Strategi, Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Sugiyono 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabe


Refbacks

  • There are currently no refbacks.