MOTIVASI WANITA DALAM BERWIRAUSAHA BERBASIS ONLINE DI JABODETABEK


Eva Zulfa Nailufar, Mawarta Onida Sinaga

Abstract


Di Era revolusi Industri 4.0 sekarang ini, kegiatan kewirausahaan berbasis online sangat diminati wanita. Bahkan, wanita milenial usia muda lebih mendominasinya. Kegiatan yang menghasilkan uang ini sangat menarik wanita karenadapat membuat wanita cantik, gaya dansejahtera. Disamping itu, dapat membantu perekonomian keluarga dan tetap dapat melanjutkan study. Aktivitas yang sangat mudah dan sederhana untuk dilaksanakan ini dapat mulai dengan modalyang sangat kecil. Laptop dan koneksi internet sudah cukup untuk mengawali bisnis online ini. Bahkan, dengan hanyabermodalkan ponsel (hand phone) plus pulsa internet yang sangat digemari ini, maka kewirausahaan ini sudah bisa dimulai. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengisi kuestionerserta melakukan kajian terhadap literatur dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah wirausaha wanita yang tergolong dalam usaha mikro dan kecil (UMKM) dengan respondennya adalah wanita wirausaha yang menggunakan online di Jakarta dan sekitarnya.

Full Text:

PDF

References


Austhi, Deby. (2017). Motivasi Berwirausaha dan Kesuksesan Berwirausaha pada Wirausahawan Wanita Anne Avantic. Jurnal Agora Vol. 5. No 1 Barani, G dan Dheepa, T. (2013).

Influence of Motives and its Impact on Women Entrepreneurs of India. Journal of Entrepreneurship and Management, Vol. 2.(2017).

Indrawan, Rully, dan Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Refika Aditama. Jesurajan, S Vargheese Antony, & M. Edwin Gnanadhas. (2011).

A Study On The Factors Motivating Women to Become Entrepreneurs in Tirunelveli District. Asian Journal of Business and Economics,Vol1 No. 1, 1-14.

Kusuma, Shinta. (2018). Mompreneurship. Charissa Publisher.

Nadire, Yimamu. (2018). Entrepreneurship andEntrepreneurial Motivation. Centria University of Applied Sciences Business Management.

Advertorial. “Pemerintah Dorong Pertumbuhan Jumlah Wirausaha Perempuan di Indonesia”. Kompas.com. https://biz.kompas.com/read/2017/05/16/ 093800628/pemerintah.dorong.pertumbu han.jumlah.wirausaha.wanita.di.indonesi a.

Anna, Lusia Kus. (2018). “Ketakutan dari Dalam Diri Penghambat Majunya Bisnis Wanita”. Kompas.com, 9 November 2018. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/1 1/09/203330620/ketakutan-dari-dalam diri-penghambat-majunya-bisnis-wanita

Hapsari Ghozie, Putri. (2019). Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya. Jakarta: PT. Gramedia

Kasali, Rhenald. (2017). Distruotion.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

The Assessment of Reliabality. Psychometric Theory, 3, 248-292.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.