ANALISIS TENTANG TEKNOLOGI DAN POTENSI BIDANG USAHA ENTREPRENEUR MILENIAL DI ERA KENORMALAN BARU DI BEJI DEPOK


Titik Purwinarti, Yanita Ella Nilla Chandra, Dania Chairani, Yumna Nur Shabrina

Abstract


Pandemi covid-19 menyerang Indonesia sudah memakan waktu 1 (satu) tahun lebih waktu yang lama bagi para entrepreneur, dampaknya sangat terasa dan berbagai macam bisnis mengalami keterpurukan, terlebih serangan covid-19 di Indonesia belum tahu kapan akan berakhir berbagai spekulasi terjadi di kalangan masyarakat. Menghadapi masalah tersebut di atas sehingga penelitian ini dilakukan, guna menjawab tantangan bagi entrepreneur di era kenormalan baru. Di era kenormalan baru transaksi digital sangat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya karena lebih efektif dan efisien dan lebih aman dalam kondisi pandemi covid-19. Adanya booming ekonomi digital merupakan peluang yang harus dimanfaatkan untuk menciptakan wirausaha baru yang dapat membuka lapangan kerja, Kondisi ini, generasi muda yang biasa disebut (milenial) mulai dominan di populasi penduduk, tapi jumlah wirausahawan hanya 3 persen dari total penduduk. Untuk menghadapi masalah tersebut perlu dilakukan penelitian untuk menggali minat dan potensi bidang usaha bagi entrepreneur milenial di Beji depok, sebagai solusi menghadapi masalah ekonomi di era kenormalan baru. Penelitian ini akan dilakukan secara bertahap selama 3 tahun, tahun pertama; pemetaan tentang teknologi dan potensi usaha generasi milenial dikembangkan, tahun kedua; evaluasi hasil penelitian sebelumnya dan memotret teknologi dan potensi yang tepat pasca pandemi, tahun ketiga, penerapan dan pengembangan model. Metode Penelitian kualitatif diskriptif, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket.


Full Text:

PDF

References


Andamisari, Dessy. 2021. Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas, 5(1), 66–72.

Andrea Caputo., Simone P., Massimiliano M., Pellegrini d., & Marina Dabi. 2021. Digitalization and business models: Where are we going? A science map of the field. Journal of Business Research, 123 (489-501)

Andreas Kuckertz., Leif Br€andle., Anja Gaudig., Sebastian Hinderer., & Carlos Arturo Morales Reyes. 2020. Startups in times of crisis – A rapid response to the COVID-19 pandemic. Journal of Business Venturing Insights

Asghari, R. and Gedeon, S. (2010) ‘Significance and Impact of Internet on the Entrepreneurial Process: Entrepreneurship and Completely Digital Entrepreneurship’ in Proceedings of the 4th European Conference on Innovation and Entrepreneurship

Danang Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Darja Reuschke., Colin Mason., & Stephen Syrett. 2021. Digital futures of small businesses and entrepreneurial opportunity. Futures, 128 (102714)

Ezizwita dan Tri Sukma. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1).

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R.C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249.

Marzuki Usman, 1997. Kewirausahaan dalam Birokrasi Salah Satu Langkah Antisipatifdalam menghadapi Globalisasi. Makalah Seminar. Jatinangor: IKOPIN. Ex.2 dan Ex 4.

Moko P. Astameon, Entrepreneurship Dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia, (Bandung, Alfabeta, 2008)

Nambisan, S., Wright, M., & Feldman, M. 2019. The digital transformation of innovation and entrepreneurship: Progress, challenges and key themes. Research Policy, 48

Nase Saepudin Zuhri, S.Ag., M.M. Sukses Membangun Wirausahaa: Prinsip Strategi dan Kiat, Fokusmedia, Bandung. Tahun 2017. (2011). Pendidikan Karakter

Pateli, A.G. & Giaglis, G.M. (2005). Technology innovation-induced business model change: A contingency approach, Journal of Organizational Change Management

Safitri, Lina Ayu dan Chriswardana Bayu Dewa. 2020. Analisa Pengaruh Masa New Normal pada Penjualan Online Melalui E-Commercce Shopee: Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Volume 22, No. 2.

Sari, Violita Wahyu Aprinda. 2021. Perspektif Generasi Milenial Menjadi Young Entrepreneur Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 1(3), 248–267.

Scheidgen, K., Gümüsay, A., Günzel-Jensen, F. 2021. Crises and entrepreneurial opportunities: Digital social innovation in response to physical distancing. Journal of Business Venturing Insights

Sebastian Aparicio., David Urbano., Pekka Stenholm. 2021. Attracting the entrepreneurial potential: A multilevel institutional approach. Technological Forecasting & Social Change, 168 (120784)

Sheung, Chia Thian. 2014. E-Business; The New Strategies Ande-Business Ethics, that Leads Organizations to Success. Global Journal of Management and Business Research ( A ) Volume XIV Issue VIII Version I Year 2014

Small Business Development Centre, 1993. Practical Solution for small business, and School of business, Madison: University of Wisconsin.

Strauss, W & Howe, N. 2000. Millenial Risings: The Next Great Generation. New York: Vintage Books

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana. 1999. Pengaruh Latar Belakang Profesional, Sistem Nilai, serta Kemodernan Kewirausahaan Terhadap Daya Hidup Perusahaan Kecil Unggulan di Kabupaten Bandung: Desertasi PPS-UNPAD, hal 4-5.

Suryana. 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat. Jakarta

Van Horne, Constance, et al. 2016. Young Entrepreneurs and the Digital Space: Case Studies from the UAE. International Journal of Business and Management Studies, ISSN: 2158-1479

Source

https://cubic.id/jurnal/peluang-new-normal-bagi-entrepreneur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.