PLATFORM MICE.ID SEBAGAI MEDIA PUBLIC RELATION KEMENTRIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA


Asri Tamira Putri, Rimsky K Judisseno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa efektifitas platform MICE.id milik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sebagai media Public Relation. Platform MICE.id dibuat dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mencari informasi seputar industri pariwisata dan MICE dan dapat menjadi sarana promosi bagi para stakeholder dalam mempromosikan produk- produknya seperti hotel, resort, venue, restoran, leisure, attraction, event, exhibitor booth, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi secara langsung dari sumbernya. Objek penelitian ini adalah divisi pengembangan dan komunikasi wisata pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan pihak divisi pengembangan dan komunikasi wisata pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran, seperti kepala subdirektorat, karyawan divisi pengembangan dan komunikasi wisata pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran yang menangani platform MICE.id, dan pihak ketiga (vendor) yang membuat platform MICE.id. pengumpulan data sekunder melalui hasil kegiatan FGD (Focus Group Discussion), pengiputan data-data untuk platform MICE.id dan sosialisasi yang di selenggarakan oleh divisi pengembangan dan komunikasi wisata pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Hasil yang dicapai adalah dari penelitian adalah bahwa platform MICE.id sebagai salah satu media Public Relation miliki KEMENPAREKRAF dan menjadi salah satu media Public Relation selain media sosial seperti instagram, twitter, dan youtube.

Full Text:

PDF

References


Sibero, Alexander F.K. 2013. Web Programming Power Pack. Yogyakarta:Mediakom

Bekti, Bintu Humairah. 2015. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI

Frida. Kusumastuti. 2002. Dasar-Dasar Humas. (Edisi Pertama). Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Cutlip, Center & Broom. 2006. Effective Public Relations (Edisi kesembilan). Jakarta:Kencana

Bernay Edward L. 2002. Public Relations. University of Oklahoma Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.