PENANGANAN SPEAKERS PADA EVENT TECHMINAR 2020


Siti Hanifah Zahra, Heri Setyawan

Abstract


Secara resmi WHO menyebut Covid-19 sebagai pandemi global, membuat beberapa kegiatan MICE terpaksa harus dialihkan secara digital, seperti webinar dan pameran virtual, untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19. Pada kegiatan webinar salah satu pihak yang dapat disebut sebagai seorang talent adalah speakers. Speakers memiliki peranan penting dalam kesuksesan suatu event TechMINAR, maka dari itu diperlukan suatu penanganan khusus untuk mengundang seorang speakerspada kegiatan event TechMINAR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan speakers pada pelaksanaan event TechMINAR dan mengetahui hambatan-hambatan serta solusi pada proses penanganan speakers pada event TechMINAR. Metode analisa data yang digunakan yaitu metode deskriptif yang bersifat kualitatif dengan menjabarkan, menerangkan, dan menafsirkan data maupun informasi dalam bentuk narasi, tabel dan gambar. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa terdapat sembilan kegiatan yang harus dilakukan untuk menangani speakers yaitu membuat database, menghubungi speakers, mengirim company profile dan proposal, konfirmasi speakers, invite speakers ke dalam group whatsapp, memberikan poster TechMINAR, technical meeting, memberikan reminder pada saat hari H TechMINAR, dan memberikan sertifikat kepada speakers.


Full Text:

PDF

References


Kesehatan, K. (2020, Maret 20). Media Informasi Resmi Terkini Penyakit Infeksi Emerging. Retrieved from http://infeksiemerging.kemkes.go.id/:(https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/Pedoman_Umum_Menghadapi_Pandemi_COVID-19_bagi_Pemerintah_Daerah.pdf (diakses pada 10 Desember 2020)

Kesrul, M. (2004). Meeting, Incentive, Trip Conference, Exhibition. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yoeti, O. A. (2000). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Durahman, N. (2019). "Aplikasi Seminar Online (Webinar) untuk Pembinaan Wirausaha Baru". Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), Vol. 6, No 2 (2019).

http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumika/article/view/427/477

Verma, A. (2010). "Webinar – Education through Digital Collaboration". JOURNAL OF EMERGING TECHNOLOGIES IN WEB INTELLIGENCE., VOL. 2, NO. 2, MAY 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.