PENGELOLAAN PROMOSI DESTINASI MICE MELALUI MEDIA ONLINE OLEH DINAS PARIWISATA PROVINSI BANTEN


Nadhira Shafira Salsabila, Sudarno Sudarno

Abstract


Sebagai industri penunjang ekonomi yang strategis, pariwisata menjadi industri yang terdampak di era COVID- 19 karena pembatasan kunjungan wisatawan. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Provinsi Banten merancang strategi promosi destinasi MICE menggunakan media online karena dinilai efektif dilaksanakan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengelolaan kegiatan promosi destinasi MICE melalui media online.yang dilakukan oleh Provinsi Banten. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi yang dimulai sejak awal November hingga akhir Desember 2020 di Dinas Pariwisata Provinsi Banten dimana data-data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis data berupa teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh, Dinas Pariwisata Provinsi Banten melakukan beberapa kegiatan di setiap tahapan promosi yang dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi kegiatan promosi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pengelolaan promosi destinasi MICE melalui media online yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten sudah sistematis namun masih kurang efektif dan efisien dalam pelaksanaannya guna menarik minat target pasar sasaran MICE berkunjung ke Provinsi Banten.

Full Text:

PDF

References


Dewi, Ika Janita. (2011). Implementasi dan Implikasi Kelembagaan Pemasaran Pariwisata Yang Bertanggungjawab (Responsible Tourism Marketing). Jakarta Pinus Book Publisher.

Fahrika, A. Ika & Juliansyah Roy. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perkembangan Makro Ekonomi di Indonesia dan Respon Kebijakan yang Ditempuh. INOVASI Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen Universitas Mulawarman. Vol 16, No 2, 2020. 206–213.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2019. Kemenparekraf RI. Jakarta.

Cravens, David W. (1998). Pemasaran Strategis, Edisi Ke-4 Jilid 2. Jakarta. Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.