PROMOSI DESTINASI WISATA KABUPATEN AGAM MELALUI MEDIA SOSIAL


Savira Ariandini, Christina L Rudatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses pembuatan materi promosi destinasi wisata Kabupaten Agam oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam dan bagaimana efektivitas penggunaan media sosial sebagai media promosi destinasi wisata Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan data kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penggalian data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan beberapa data sekunder yang mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam menggunakan media sosial sebagai media promosi hanya didasarkan pada banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, tidak dengan terlebih dahulu menentukan segmentasi pasar, rencana pemasaran, dan strategi pemasaran destinasi wisata. Proses pembuatan materi promosi berupa unggahan video dan foto dibuat melalui tiga tahap yaitu pra-production, produksi, dan post-produksi. Dalam mengunggah materi promosi diterapkan beberapa program yaitu menciptakan awareness, membuat pola update, stategi penulisan caption dan interaksi followers. Dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan alat dan tenaga ahli yang menyebabkan kualitas bahan promosi tidak begitu baik dan banyaknya waktu yang dibutuhkan dalam memproduksi materi promosi. Kurangnya interaksi admin media sosial dengan followers menyebabkan sulit bertambahnya jumlah kunjungan dan pengikut pada media sosial. Promosi destinasi wisata Kabupaten Agam melalui media sosial dinilai efektif karena dapat mengehemat biaya promosi dan informasi yang diberikan tidak terbatas jarak dan waktu. Serta terbukti dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Kabupaten Agam.

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta Prenhalindo

Kotler, Ph., Bowen, J., Makens, J. 2006, Marketing for hospitality and tourism. Pearson: Prentice Hall.

Bigrave. 1994. Makalah Marketing Plan. Malang

Disparpora Agam. 2016. Data Base Pariwisata Kabupaten Agam Tahun 2016. Agam.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta, Anggota IKAPI.

Alat Pemasaran (https://idwebhost.ac.id diakses 31 Desember 2020)

Gregory Pomerantsev, Destination Marketing Explained (diakses 9 Januari 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.