MASA DEPAN BISNIS RITEL: APAKAH STRATEGI BAURAN PEMASARAN MASIH RELEVAN?


Dwi Oktiana Irawati, Nurul Setyorini

Abstract


Industri ritel di Indonesia yang terdiri dari hypermart, supermarket, minimarket, department store, dan pasar modern terus berkembang meski persaingan semakin sengit. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mencatat ada 45.000 gerai ritel di Indonesia, tidak termasuk toko modern dan pusat perbelanjaan. Saat ini, bisnis ritel mendapat tantangan dalam mencari, mempertahankan konsumen, meningkatkan omzet, dan keuntungan. Sagala Mart, Department Store yang berlokasi di jalan utama kota Bogor, Indonesia, mengalami fluktuasi omzet selama 3 tahun terakhir dengan nilai mencapai 30%. Review pembeli mengatakan bahwa Sagala Mart berlokasi strategis, parkir luas, barang lengkap, dan harga bersaing. Jumlah pembeli harian mencapai 220 orang. Mengapa Sagala Mart mengalami penurunan omzet yang sangat signifikan? Dengan menggunakan kategori bauran pemasaran, penelitian ini ingin mengetahui variabel paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Metodologi penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel dengan purposive sample yakni pembeli, jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan Teori Roscoe sebanyak 67 orang. Teknik analisis data dengan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel untuk variabel kualitas produk, harga, dan promosi. Ketiga variabel tersebut memiliki kontribusi keputusan pembelian sebesar 50,3%. Variabel paling dominan dalam keputusan pembelian adalah harga. Guna meningkatkan kinerja penjualan, Sagala Mart perlu melakukan terobosan strategi pemasaran: 1) melakukan promo harga jual produk utamanya pada puncak jam belanja yakni jam 5 sore pada hari kerja dan jam 10 pagi pada Sabtu dan Minggu; 2) memaksimalkan pengalaman belanja dengan online platform; 3) menganalisis data pembelian guna mengembangkan strategi promosi; 4) melakukan promosi secara ajeg; 5) kontinyu mengecek kualitas produk seperti kesegaran dan masa kadaluarsa.

Full Text:

PDF

References


Ailawadi, Kusum L, et al (2007). Decomposition of the Sales Impact of Promotion-Induced Stockpilling. Journal of Marketing Research Vol 44, 3:pp.450-467

Bairizki, Ahmad. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada UD Ratna Cake&Cookies). Jurnal Valid Vol 14 No. 2, Juli 2017: 71-86

Brata, BH, S Husani, H Ali (2017). The influence of quality products, price, promotion, and location to product purchase decision on Nitchi at PT.Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. SJBMS 2(4), 357-374

Cheng, Andong, Cunthia Cryder (2018). Double Mental Discounting: When a Single Price Promotion Feels Twice as Nice. Journal of Marketing Research. https://doi.org/10.1509/jmr.15.0559

Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Google review (2021). Diambil dari https://www.google.com/search?q=sa gala+mart&rlz=1C1GCEA_enID931I D933&oq=sagala+mart&aqs=chrome .0.69i59.2057j0j7&sourceid=chrome &ie=UTF 8#lrd=0x2e69c5b14a80d8c7:0xc90fe 711a27669d1,1,,,

Kotler, P & Keller K.L (2012). Marketing Management 14th edition. Pearson, Prentice Hall

Kotler, P. & Keller K.L (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Kubicova, Ľ., Nagyova, Ľ., & Kadekova, Z. (2012). Globalization and its impact on changes in consumption of milk and milk products in Slovakia and the EU. Global commodity markets: new challenges and the role of policy: International Scientific Days. Nitra: Slovak University of Agriculture (in Slovak)

Mela, Carl F, Sunil Gupta, Donald R.L. The Long-Term Impact of Promotion and Advertising on Consumer Brand Choice. Journal of Marketing Research. https://doi.org/10.1177%2F00222437 9703400205

Murdapa, Purnama Andri. The Effect of Price, Product Design, Product Quality and Brand Image on Purchase Decision. EBGC 2019: Proceedings of the 2nd International Conference on Economics

Nielsen (2020). Meet the New Indonesian Consumer Class of 2020. Retrieved from https://www.nielsen.com/id/en/insight s/article/2014/meet-the-new indonesian-consumer-class-of-2020/

Pasaribu, DA, Beby Karina FS (2015). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Ritel terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Minimarket MES Mart Syariah. USU. Diambil dari: chrome extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/viewer.html?pdfurl=http%3A%2F%2Fdownload.garuda.ristekdik ti.go.id%2Farticle.php%3Farticle%3 D1432597%26val%3D4133%26title%3DPENGARUH%2520STRATEGI %2520BAURAN%2520PEMASARA N%2520RITEL%2520TERHADAP %2520KEPUASAN%2520DAN%25 20LOYALITAS%2520PELANGGA N%2520MINIMARKET%2520MES %2520MART%2520SYARIAH&cle n=170223

Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern

Purwanto, A. (2021, June 3). Industri Ritel di Indonesia: Regulasi, Sejarah, Potret, dan Tantangan. Diambil dari https://kompaspedia.kompas.id/baca/p aparan-topik/industri-ritel-di indonesia-regulasi-sejarah-potret-dan tantangan

Statista Consumer Markets (2021). Home & Laundry Care for Indonesia. Retrieved from https://www.statista.com/outlook/cmo /home-laundry-care/indonesia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.

Supriyadi, Stevanus G, Nabilla YP (2018). Analysis of Factors that Influence the interest of buying consumers at Sticky Rice Milk (Tansu) Stall in English Village Pare Kediri. IJEBAR Vol 2, Issue 3. Available at https://jurnal.stie aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Utomo, Latif Budi, Juni Trisnowati (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Alfamart Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah FE Universitas Surakarta Vol 15 No. 2 April 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.