PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI EVENT INDONESIA MODEST FASHION WEEK ONLINE 2020


Faishal Allam Abdullah Annur, Imam Syafganti

Abstract


Penggunaan aplikasi Instagram di Indonesia meningkat sepanjang tahun 2020. Menurut data yang dirilis Napoleon Cat, pada periode Januari—Mei 2020, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta (69.270.000) pengguna. Kenaikan jumlah pengguna Instagram tidak lepas dari kondisi pandemi COVID19 yang terjadi pada tahun 2020. Kondisi ini membuat beberapa perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggaraan event beralih untuk menyelenggarakan event secara online, khususnya pada pelaksanaan event seminar, talkshow, dan product launching. Peran promosi tidak lepas dari setiap pelaksanaan sebuah event. Promosi menjadi faktor yang penting untuk mendukung kelancaran dan bagaimana sebuah event dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan promosi melalui media sosial Instagram dalam Indonesia Modest Fashion Week Online 2020 yang diadakan secara virtual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatiif, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangakan metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif sehingga untuk mengumpulkan informasi, penulis akan melakukan observasi yaitu dengan melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan pameran dan mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan promosi melalui Instagram mendapat respon yang baik dari followers dan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat.

Full Text:

PDF

References


Indika, R Deru dan Cindy Jovita. 2017. Media Social Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Bandung: JBT, Politeknik Ubaya

Pamungkas, Aji Bagas. 2016. Jurnal Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jombang: Jurnal Komunikasi, Universitas Trunojoyo Madura

Noor, Any. 2007. Globalisasi industri MICE. Bandung: Alfabeta

Cakranegara, Pandu Adi dan Ety Sulistyowati. 2017. Analisis Strategi Implementasi Media Sosial (Studi Kasus UKM “XYZ”). Bekasi: President University

Mileva, Lubiana dan Achmad Fauzi. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pemebelian. Malang: Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya

Daniel.Pengertian Promosi https://ekonomimanajemen.com/peng ertian-promosi/. Diakses pada tanggal pada tanggal 28 Desember 2020

Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pedoman Destinasi Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi, dan Pameran. www.kemenparekraf.go.id. Diakses pada tanggal 28 Desember 2020

Anonim. Pengertian Promosi https://www.pelajaran.co.id/2017/28/ pengertian-promosi-menurut-para ahli.html. Diakses pada tanggal 29 Desember 2020

Anonim. Gambaran dari Strategi Promosi. https://idtesis.com/pembahasan lengkapteori-strategi-promosi menurut-para-ahlidan-contoh-tesis- strategi-promosi/. Diakses pada tanggal 29 Desember 2020

Rita. Social Media Marketing https://bbs.binus.ac.id/gbm/2017/03/08/social-media-marketing. Diakses pada tanggal 26 Desember 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.