KEGIATAN SPONSORSHIP EVENT MARKET MUSEUM SEBAGAI MEDIA MARKETING OLEH PT TFG TRAVELING ASIA


Fernanda Vania Venturamadhani, Rimsky K Judisseno

Abstract


Kegiatan sponsorship event yang dilaksanakan oleh PT TFG Traveling Asia bertujuan untuk kegiatan MICE sebagai salah satu metode pemasaran. Laporan ini disusun untuk mengetahui dan menganalisis kegiatan sponsorship event Market Museum at Home Vol.3 with Tokopedia sebagai media marketing oleh PT TFG Traveling Asia. Laporan ini dibuat berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan di PT TFG Traveling Asia. Laporan ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi pada saat persiapan dan pelaksanaan event, wawancara dan dokumentasi pelaksanaan event. Teknik pengolahan data yang digunakan oleh penulis bersifat deskriptif. Data dikumpulkan dari beberapa sumber baik langsung maupun tidak langsung disajikan dalam bentuk uraian singkat kemudian analisis. Berdasarkan hasil laporan dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan sponsorship event Market Museum at Home Vol.3 with Tokopedia sebagai media marketing oleh PT TFG Traveling Asia meraih dampak yaitu kenaikan penjualan sebanyak 28,10% dan mendapat total viewers livestream event sebanyak 774 penonton.

Full Text:

PDF

References


Budiman, Gilang. 2009. Pengaruh Self Congruity with Sponsored Event dengan Customer Involvement dan Customer Awareness Sebagai Moderating Variables terhadap Brand Loyalty. (http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/127 037-6675-Pengaruh%20self Literatur.pdf. Diakses pada tanggal 10 Desember 2020)

Evelina, Lidia. 2011. Paradigma Baru Sponsor Sebagai Mitra Penyelenggaraan Event. (https://media.neliti.com/media/public ations/167348-ID-paradigma-baru sponsor-sebagai-mitra-pen.pdf. Diakses pada tanggal 10 Desember 2020)

Isnaini, Santi. 2004. “Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendit, 1999) Sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Indonesia.” Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik.

Karsonno, Dwi. 2016. Bisnis Pameran Ala Dwi Karsonno. ed. Aris Wijaya. Bee Media.

M Kesrul. 2004a. Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

M Kesrul. 2004b. Panduan Praktis Pramuwisata Profesional. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nuril Salma, Aqida. 2017. Pengaruh Sponsorship dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC sebagai Global Official Airline Partner. Interdisciplinary Journal of Communication Vol.2 No. 1. (https://media.neliti.com/media/public ations/223894-pengaruh-sponsorship dalam-meningkatkan.pdf. Diakses tanggal 10 Desember 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.