PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PERTEMUAN DARING KOMUNITAS SEBAGAI STRATEGI AKTIVASI MEREK OLEH NARADACODE


Mia Fauziah, Sudarno Sudarno

Abstract


Mengadakan sebuah event merupakan salah satu strategi pemasaran yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan atau yang biasa disebut dengan strategi brand activation. Brand activation atau aktivasi merek adalah suatu bentuk kegiatan promosi merek dengan berinteraksi lebih dekat ke pengguna melalui berbagai kegiatan yang menarik perhatian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi brand activation dalam komunitas di PT Narada Piranti Teknologi atau yang dikenal sebagai NaradaCode, dapat meningkatkan awareness audience terhadap produk perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan langsung. Hasil penelitian menunjukkan proses persiapan dan pelaksanaan pertemuan daring komunitas di mulai dari tahap menentukan tanggal, mencari narasumber, pembuatan poster atau flyer, persiapan platform zoom, pembuatan iklan di Eventbrite, pembuatan caption dan mengunggah di sosial media, mengundang peserta dan mengirimkan pesan pengingat, dan tahap terakhir yaitu pelaksanaan pertemuan daring. Kegiatan pertemuan daring di komunitas ini menunjukkan adanya keberhasilan peranan komunitas dalam meningkatkan awareness audience terhadap produk perusahaan, dan juga terdapat tantangan dan solusi selama proses persiapan dan pelaksanaan kegiatan pertemuan daring di komunitas.

Full Text:

PDF

References


Alberts, P.G. (2009). What is Brand Activation? Diambil dari: http://www.brandactivation.nl/en/theo ry. (21 Oktober 2020)

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony. (2017). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 54.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 6.

Morel, P., Preisler, P. dan Nystrom, A. (2002). Brand Activation. Stockholm: Starsky Insight, 4.

Nasution, A.M., dan Wa Ode Sifatu., (2017). Pengantar Usaha Jasa MICE & EVENT, Edisi 1. Bekasi barat: Raharsa Utama Nusantara, 110.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu Edisi ke 5 Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 263.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.