PROSES PENJUALAN MARKETPLACE TICKETING KREEN.ID KE DESTINASI DI INDONESIA


Siti Penti Patimah, Djuni Akbar

Abstract


Pada saat pandemi, industri MICE dan pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak. Selain itu, teknologi yang semakin maju memicu adanya arus globalisasi dimana terjadi pula perubahan konsep time and place, menjadi semakin cepat untuk time dan semakin dekat untuk place. Oleh karena itu teknologi digital, membuat seseorang mencari alat pemuas kebutuhannya lebih cepat, kebiasaan orang untuk mencari informasi sekarang sudah menggunakan one stop gadget dengan digital marketing. Sehingga dibutuhkan sebuah platform untuk membantu konsumen mencari pemuas kebutuhan akan leisure. Oleh sebab itu, KREEN menghadirkan produk baru yaitu platform marketplace ticketing kreen.id untuk membantu pemerintah dalam memajukan industri MICE dan pariwisata serta membantu konsumen dalam memuaskan kebutuhan leisure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penjualan marketplace ticketing kreen.id ke pihak destinasi, serta menganalisa ketertarikan terhadap penawaran yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, penelitian berdasarkan kumpulan teori dan pengamatan secara langsung dalam proses penjualan kreen.id ke destinasi di Indonesia. Metode analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses penjualan marketplace ticketing kreen.id ke pihak destinasi melalui beberapa tahap diantaranya 1)Persiapan; 2)Pendekatan; 3)Pengiriman Proposal Penawaran; 4)Follow-up; 5)Zoom Meeting; 6)Penandatanganan Kontrak serta konsumen menunjukkan keberatan akan komisi yang ditawarkan oleh KREEN.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta

Desthiani, dkk. 2019. MICE (MEETING, INCENTIVE, CONVENTION, EXHIBITION). Tangerang: Unpam Press

Kesrul. 2004. Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition. Jakarta: Graha Ilmu

Kotler, Philip dkk. 2017. Marketing for Hospitallity & Tourism. England: Pearson

Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Pearson, C. 2009. MICE (Meeting Incentive Conference Exhibition): Definisi, Bentuk , dan Faktor yang dipertimbangkan dalam pelaksanaan MICE. (https://jurnal sdm.blogspot.com/ diakses 11 November 2020)

Pendit, N. S. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradya Paramita

Resen, D. 2016. Izin Usaha MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). (https://simdos.unud.ac.id diakses 11 November 2020)

Riadi, M. 2018. Tujuan, Sifat, Jenis, dan Tahapan Personal Selling. (https://kajianpustaka.com/ diakses 10 Desember 2020)

Rozi, M. Fahru. 2017. Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusana menjadi Donatur Yatim Mandiri (Studi Kasus pada yatim mandiri Cabang kediri). (http://etheses.iainkediri.ac.id/ diakses 23 Desember 2020)

Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi 5. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.