PELAKSANAAN PELATIHAN TATA KELOLA HOMESTAY ERA NEW NORMAL OLEH DISPORABUDPAR KOTA TASIKMALAYA


Rafa Shafiyah Lestari, Dewi Winarni Susyanti

Abstract


Pelatihan Tata Kelola Homestay diselenggarakan di Kota Tasikmalaya, dari tanggal 16 sampai 18 September 2020. Acara ini diadakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya dengan tujuan untuk meningkakan kapasitas dan kapabilitas para pelaku homestay, serta membangkitkan kembali tata kelola kepariwisataan khususnya tata kelola homestay di Kota Tasikmalaya yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses penyelenggaraan acara pada era new normal dari awal sampai selesainya acara. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses diselenggarakannya acara Pelatihan Tata Kelola Homestay pada era new normal, dan juga untuk membantu memenuhi tugas akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa acara ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pelaku homestay di Kota Tasikmalaya dan para peserta juga berkomitmen untuk membangkitkan kembali tata kelola kepariwisataan khususnya usaha homestay yang terdampak akibat pandemi COVID-19.


Full Text:

PDF

References


Buku

Kamil, Mustofa. 2012, Model Pendidikan dan Pelatihan. Alfabeta, Bandung

Kesrul.M. 2004. Meeting, Incentive, Conference, Exhibition. Jakarta: Graha Ilmu

Ranupandojo, Heidjrachman. 1985, Manajemen Personalia. BPFE, Yogyakarta.

Wursanto. 1987. Etika Komunikasi Kantor. Yogyakarta: Konisius.

Yoeti, Oka. A. 2008. Perencanaaan Dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradaya Pratama

Website

Sopian, Ahmad. 2020. Apa itu Homestay (https://jendela360.com/info/apa-itu homestay/ diakses 22 Desember 2020)

Sudjana. 2008. Training Evaluation (https://teknologikinerja.wordpress.co m/2008/07/23training-evaluation model-part-1/ diakses 8 November 2020)

WHO. 2020. WHO Director General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 – 22 April 2020. (https://www.who.int./dg/speeches/detail /who-director-general-s-opening remarks-at-the-media-briefing-on-covid 19—22-april-2020 diakses 27 November 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.