PROSES PENANGANAN PESERTA PADA EVENT TECHMINAR


Nadya Anisa, Etty Khongrat

Abstract


Perkembangan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exibition) di era globalisasi dan revolusi industri 4.0 ini semakin meyakinkan terutama didukung dengan kemajuan teknologi. Namun sejak kemunculan Pandemi COVID-19 di awal tahun 2020, MICE yang merupakan bisnis jasa kepariwisataan dengan skala yang besar menjadi terbatas. Memasuki era new normal, Industri MICE mulai bangkit dan beradaptasi melalui kemajuan teknologi yaitu dengan trend hybrid dan virtual event. Salah satu unsur dalam MICE yaitu conference, turut menggunakan teknologi dalam menyesuaikan penyelenggaraannya dengan webinar atau video conference. Keberhasilan sebuah webinar dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti event tersebut. Tugas mendapatkan peserta ini diberikan kepada team marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanganan peserta pada event techminar oleh PT Kreen Entertainment Indonesia berserta hambatannya. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif procedural yaitu berupa penjabaran data-data yang diperoleh selama melakukan praktik kerja lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanganan peserta pada event techminar melalui beberapa tahap yaitu 1) mengumpulkan database; 2) membuat campaign/promosi; 3) menghubungi calon peserta; 4) follow up/konfirmasi; 5) bersedia, yaitu melihat respon calon peserta kemudian merespon kembali; 6) proses pendaftaran; 7) reminder/mengingatkan peserta; 8) pengarahan e-certificate. Bentuk komunikasi pemasaran yang diterapkan dalam proses penanganan peserta adalah direct marketing dan personal selling karena lebih tepat sasaran, menjangkau lebih banyak peserta dan dapat lebih cepat melihat respon dari calon peserta.


Full Text:

PDF

References


Everett M, Rogers. (2003). Diffusion of Innovation. New York: Free Press.

H.Hoyle, Leonard. (2006). Event Marketing. Jakarta: PPM

Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Pendit, Nyoman. S. (1999). Ilmu Pariwisata. Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti.

Suryadi, Didih. (2011). Promosi Efektif “Menggugah Minat & Loyalitas. Pelanggan”. Jakarta: PT Suka Buku.

Wayteg, Tom. (2013). Kamus Internet. Surabaya: Liris.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.