PERAN PLATFORM MICE.ID PADA “SOSIALISASI DAN PENGINPUTAN DATA INVENTORY 2020”


Aulia Atari Aziza, Dewi Winarni Susyanti

Abstract


Platform mice.id merupakan produk yang sedang dikembangkan oleh Divisi Strategi Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di masa pandemi yang menyajikan beberapa fitur yang dengan tujuan menjadi platform pelaksanaan hybrid event, yang bertujuan bekerjasama dengan stakeholder MICE untuk pengembangan destinasi MICE di Indonesia. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui peran platform mice.id dalam persiapan dan pelaksanaan event Sosialisasi dan Penginputan Inventory Data MICE di Bali tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi secara terlibat langsung sebagai tenaga kerja mulai dari persiapan, pelaksanaan dan post event, serta melakukan wawancara kepada PIC event. Lokasi penelitian dilakukan pada event Sosialisasi dan Penginputan Data MICE pada platform mice.id di Hotel Conrad Bali, 28 November 2020 yang dilaksanakan secara hybrid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website mice.id memadai digunakan untuk beberapa fitur yaitu sebagai sarana penyedia informasi, sarana registrasi tamu undangan, dan video meeting untuk event hybrid.


Full Text:

PDF

References


Buku

Dwyer, L., Mellor, R., Mistilis N., Muler, T. 2000. Forescasting the Economic Impacts of Events and Convention. Event Management.

Getz, D. 2008. Event Tourism: Definition, Evolution, and Research. Tourism Management.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung. Alfabet.

Website

Chameleon Global Events. 2020. “What is hybrid events?”. (https://cge.events/ Diakses 23 Desember 2020)

Dinas Pariwisata Kota Denpasar. 2019. “Analisa Pasar Wisatawan MICE di Kota Denpasar” (https://pariwisata.denpasarkota.go.id/ diakses 15 November 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.