TAHAPAN MENCARI PESERTA EVENT WORKSHOP VIRTUAL GRADUATION 2020


Dimas Laksana Megananda, Heri Setyawan

Abstract


Pelaksanaan event wisuda terutama untuk perguruan tinggi merupakan sebuah momen yang sakral, dimana para wisudawan dinyatakan lulus pada sidang senat dengan dihadiri oleh orang tua wisudawan. Tentunya momen ini hanya dirasakan selama satu kali setelah selesai menyelesaikan pendidikan. Dengan kondisi pelaksanaan wisuda secara offline yang membutuhkan sumber daya manusia serta area yang luas, tentunya tidak dimungkinkan untuk dilaksanakan dikarenakan pasti menimbulkan kerumumunan yang tentunya tidak diperbolehkan dimasa pandemi Pelaksanaan wisuda secara virtual menjadi alternatif bagi perguruan tinggi Hal ini dikarenakan pelaksanaan wisuda secara virtual tidak membutuhkan area yang luas dan tentunya hanya beberapa orang saja yang hadir untuk mewakilkan wisudawan. Tujuan penulis membuat penelitian ini adalah ingin mengetahui tahapan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencari peserta workshop dan mengidentifikasi daerah mana saja yang tertarik untuk mengikuti workshop. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung pada saat persiapan event workshop dan wawacara pada Manager Sales Edutainment Trans Studio Cibubur dengan metode penelitian deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat tahapan dalam mencari peserta workshop yaitu mengumpulkan database perguruan tinggi, menghubungi perguruan tinggi terkait pelaksanaan workshop, mengkonfirmasi perguruan tinggi tertarik mengikuti dan bersedia hadir, dan yang terakhir mengirimkan undangan kepada perguruan tinggi. Perguruan Tinggi yang berada di wilayah Jakata dan Bogor merupakan wilayah yang banyak mengikuti workshop. Apabila perguruan tinggi ingin melaksanakan wisuda, maka tim dari Trans Studio Cibubur siap membantu.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Septyara, D & Suprayekti. 2017. Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua. Jakarta: Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS - Vol. 12, No. 2.

Kesrul, M. 2004. Meeting Incentive Trip Conference Exhibition. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group

Noor, Any. 2009. Manajemen Event. Cetakan ke 1. Bandung: Alfabeta.

Soehardjo, Wishnu. 2016. Jangan Grogi! Jurus Sukses Mengikuti dan Selenggarakan Diskusi, Seminar, Rapat, dan Persidangan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Werner J. Severin, 2001 Teori komunikasi: sejarah, metode, dan terapan di dalam media massa. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.