PERAN PROJECT OFFICER DAN PELAKSANAAN EVENT INDONESIA MODEST FASHION WEEK (ONLINE) 2020


Agatha Praesty Alexzia, Syamsurizal Syamsurizal

Abstract


Pada tahun 2020 industri MICE di Indonesia akibat wabah pandemi Covid-19 mengalami kemundurkan karena sulit melaksanakan event secara luring (offline) sehingga industri MICE dituntut untuk dapat diselenggarakan secara daring (online) agar penyelenggaraan MICE tetap ada. Akibat pademi Covid-19 penyelenggaraan Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) untuk tahun 2020 diselenggarakan secara daring (online) bekerjasama dengan marketplace Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan tanggung jawab Project Officer dalam melakukan manajemen penyelenggara acara secara daring (online) dan kendala seorang Project Officerselama pelaksanaan event. Metode pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi menggabungkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian secara kualitatif yang datanya diolah melalui analisis dan direduksi untuk mendapatkan kesimpulan pokok sesuai dengan tujuan penelitian dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Project Officer memiliki peran penting sama seperti saat melaksanakan event luring (offline) memimpin, mengontrol, dan mengatur persiapan hingga evaluasi penyelenggaraan event. Project Officer harus memiliki kemampuan pendekatan yang baik terhadap anggota tim, negosiasi, dan kemampuan secara baik, cepat dan tepat dalam menentukan keputusan dalam menghadapi kendala faktor dalam dan faktor luar dari pelaksanaan IMFW (Online) 2020. Peran Project Officer juga harus memiliki pengalaman yang cukup sesuai dalam memimpin tim sehingga dapat mendorong dalam meningkatkan kualitas tim pelaksana event tersebut.


Full Text:

PDF

References


Bakar, Abu H. A. (2011). The Role of Project Managers in Improving Project Performance in Construction: An Indonesian Experience. School of Housing, Building and Planning University Sains Malaysia Vol. 3. No. 6. November, 2011, I Part.

Fenich, George G. (2015). Planning and Management of Meetings, Expositions, Events, and Conventions. United States: Pearson Education.

Heneman, Herbert G dkk. (2015). Staffing Organizations, Eighth Edition. New York: Pangloss Industries, Inc.

Mulyasari, Indah. 2019. Pengelolaan Meeting, Incentive, Conference, Exhibition. Malang: Quantum Book

Ramadhian, Nabila. 2020. Turis MICE, Pasar Potensial untuk Tambah Devisa Pariwisata, (https://travel.kompas.com diakses pada 5 Oktober 2020)

Shailly Nigam. (2012). Event Management. New Delhi: Excel Books Private Limited.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Bambang. 2020. IBEF 2019, Mengembangkan Industri MICE Lebih Kuat, (https://ekonomi.bisnis.com diakses pada 9

Miles, P.M., Covin, G.J. & Heeley, B.M. (2000). The relationship between environmental dynamism and small firm structure, strategy, and performance. Journal of Marketing Theory and Practice, 10, 63-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.