PELAKSANAAN REGISTRASI PADA EVENT HYBRID THE 8th INDONESIA BUSINESS EVENT FORUM 2020 DI JAKARTA


Nadia Ayu Rizkyana Susilo, Tuty Herawati

Abstract


Pelaku usaha di industri MICE merupakan salah satu dari sekian banyak pihak yang merasakan dampak penurunan kegiatan usaha akibat dari pandemi COVID-19, oleh karena itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berinisiatif untuk membangkitkan kembali industri MICE dengan menyelenggarakan forum nasional yang diadakan secara hybrid dengan dua metode pelaksanaan yaitu secara offline di venue acara dan online melalui aplikasi zoom. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan registrasi secara online dan offline yang diterapkan pada event “The 8th Indonesia Business Event Forum 2020” yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 8 Desember 2021. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persiapan, dan prosedur registrasi secara online dan offline dengan meminimalisir adanya kontak fisik antara peserta dan staff registrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data dengan cara menyelidiki, mendeskripsikan, menggambarkan, dan menjelaskan data-data untuk dianalisis dan dijadikan sebuah rangkaian dari tahap persiapan, tahap penanganan, hingga kendala dan solusi yang dihadapi. Hasil dari jurnal ini memberikan gambaran bagaimana mempersiapkan registrasi peserta sebelum event terselenggara, menjelaskan bagaimana prosedur registrasi peserta secara online dan offline saat registrasi ulang di venue, dan menghadapi masalah dalam proses registrasi peserta pada event “The 8th Indonesia Business Event Forum 2020”


Full Text:

PDF

References


A Book

Anderson. 2010. Event Management Simplified. Bloomington: Author House

Datson, Pennye. 1995. Introduction to Meeting Management, Alabama: PCMA

Fenich, George. 2015. Planning and Management of Meetings, Expositions, Event and Conventions. California: Pearson

Fenich, George. 2016. Meetings, Expositions, Events and Conventions: An Introduction to the Industry. California: Pearson

Karsonno, Dwi. 2016. Bisnis Pameran ala Dwi Karsonno. Jakarta: Bee Media Pustaka

McCartney, Glenn. 2010. Event Management: An Asian Perspective. New York: McGraw-Hill Asia

Nasution, Aris Miyati & Wa Ode Sifatu. 2015. Pengantar Usaha Jasa Mice dan Events. Bekasi: Raharsa Utama Nusantara.

Noor, Any. 2013. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta

Journal Article

Chrisantyo, Lukas. 2017. Analisis dan Perancangan Database Registrasi dan Event Management (Studi Kasus AYD 7). Jurnal Teknologi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.