STRUKTUR PERENCANAAN ONLINE EVENT PADA INDONESIA MODEST FASHION WEEK ONLINE 2020


Jawza Dliya Khalishsyah, Tuty Herawati

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara dengan umat muslim terbanyak di dunia yang memiliki potensi pasar yang luas untuk busana sopan atau umum disebut modest fashion. Oleh karena itu, Indonesia berpeluang besar untuk menjadi kiblat busana muslim dunia sesuai dengan rencana Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang untuk pelaksanaan Indonesia Modest Fashion Week, sehingga perusahaan X melakukan inovasi dengan melaksanakan event tersebut secara virtual. Kesuksesan sebuah virtual event sangat ditentukan oleh struktur perencanaan strategis dan operasional. Dalam persiapan dan pelaksanaannya ditemukan beberapa kendala, seperti rencana persiapan yang kurang terstruktur dan kesalahan teknis. Rumusan masalah berfokus pada perencanaan dan pelaksanaan virtual event. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang perencanaan strategis dan operasional sebuah virtual event sebagai solusi dan evaluasi bagi industri MICE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi secara langsung ke perusahaan X selama kurang lebih 4 (empat) bulan sejak dari persiapan hingga pelaksanaan event Indonesia Modest Fashion Week Online 2020. Penulis mendokumentasikan dan mencatat seluruh kegiatan event Indonesia Modest Fashion Week Online berdasarkan pemahaman literatur dari beberapa scholars terkait pola perencanaan strategis dan operasional. Metode analisis data yang digunakan adalah deskripstif yaitu dengan mengumpulkan data selama masa observasi dan menyesuaikan data tersebut dengan pemahaman literatur yang berkaitan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pengaruh penting struktur perencanaan strategis dan operasional pada virtual events terhadap perencanaan hingga pelaksanaan Indonesia Modest Fashion Week Online 2020.


Full Text:

PDF

References


Pearlman, David M. and Gates, Nicholas A. 2010. Hosting Business Meetings and Special Events in Virtual Worlds: A Fad or the Future? Journal of Convention & Event Tourism, 11: 4, 247—265.

Anonim. 2010. Perencanaan dan Pengelolaan Event dan Festival, UTS dan Asialink, Sydney.

Goldblatt, Joe, 2013, Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration, 7th ed, John Wiley & Sons, New Jersey.

Megananda, Yudhi, Johannes Ariffin Wijaya, 2009, EO 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer, PT.Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.