PERENCANAAN “TRAINING OF TRAINERS AUDITOR SERTIFIKASI CHSE STAND-ALONE VENUE MICE”


Ahsanul Insani, Heri Setyawan

Abstract


Artikel ini membahas tentang bagaimana proses perencanaan kegiatan Training of Trainers Auditor Sertifikasi CHSE Stand-alone Venue dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaui Subdirektorat Pengembangan Jejaring dan Kapasitas MICE. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan – tahapan perencanaan yang dilakukan dengan metode analisis kualitatif deskriptif dan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara kepada Koordinator dan Staff dari Subdirektorat Pengembangan Jejaring dan Kapasitas MICE dan dokumentasi Ada 5 tahapan dalam proses perencanaan kegiatan ini, yaitu finalisasi draf panduan protokol CHSE MICE, perencanaan sertifikasi CHSE MICE, pembuatan skema sertifikasi, briefing penentuan tanggal dan venue dengan PCO (Professional Convention Organizer), dan terakhir pendistribusian surat undangan. Semua tahapan ini berjalan dengan baik meskipun terdapat kendala dalam beberapa kegiatan rapat yang tidak memungkinkan untuk dapat bertemu secara langsung dan dilakukan melalui daring sehingga proses komunikasi yang tidak maksimal dan progress yang dihasilkan menjadi sedikit berjalan lambat.


Full Text:

PDF

References


Journal article

Fitriana, Rina & Diana. (2020). Pembekalan Materi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) dalam Training of Trainers Akademisi Pendamping Desa Wisata. Makassar: CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 1.

Books

Hasibuan, Malayu S.P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta

Website

Wartaevent.com. ASPERAPI Sebut 90 Persen Pameran Batal Digelar Karena Ketidakpastian Kebijakan Daerah. Retrieved Nov 24, 2020, from https://wartaevent.com/asperapi-sebut-90-persen- pameran-batal-digelar-karena-ketidakpastian-kebijakan-daerah/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.