PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN SOSIALISASI PENGINPUTAN INVENTORY DATA DI BANDUNG OLEH KEMENPAREKRAF


Adela Umayyra, Tuty Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan penyelenggaraan event Sosialisasi Platform MICE.id Acara ini diselenggarakan secara hybrid di Bandung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. MICE.id digunakan para stakeholders MICE untuk penyelenggaraan event MICE. Tahapan dari Sosialisasi MICE.id dimulai dari persiapan hingga pelaksaanan. Penelitian ini membahas bagaimana proses persiapan hingga pelaksanaan Sosialisasi Platform MICE.id dengan menggunakan beberapa tahapan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan berupa metode kualitatif yang akan menjelaskan mengenai proses persiapan hingga pelaksanaan Sosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seluruh tahapan dilakukan dengan baik melalui beberapa tahap mulai dari persiapan kegiatan Sosialisasi MICE.id dari menyebar undangan sampai dengan pelaksanaan Sosialisasi MICE.id di hotel Hilton Bandung. Seluruh tahapan dilakukan dengan baik terbukti dengan acara dihadiri oleh semua tamu undangan secara online maupun offline dan dilaksanakan secara optimal sebagai acuan dalam pelaksanaan event Sosialisasi MICE.id, peserta mengerti mengenai paparan yang disampaikan sehingga event ini dapat berjalan dengan lancar dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Cahyana, Ludhy. 2020. “Ini Dampak Wabah Virus Corona Terhadap Industri MICE”. Dalam Tempo.co, 29 Februari 2020, Jakarta.

Desthiani, Unik dan Suwandi. 2019. MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Tangerang Selatan: UNPAM PRESS.

Karsonno, Dwi. 2016. Bisnis Pameran ala Dwi Karsonno. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Mahadewi, Ni. 2018. Event dan MICE Red Hot Industry. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Menpar. 2017. Peraturan Kementerian Pariwisata Tahun 2017 Nomor 5 Tentang Pedoman Destinasi Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi dan Pameran.

Nasution dan Sifatu. 2017. Pengantar Usaha Jasa MICE dan Event. Bekasi Barat: Raharsa Utama Nusantara. Noor, Any. 2013. Manajemen Event.

Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.