Analisis Diferensiasi Produk Terhadap Kepercayaan Konsumen pada Eiger Store di Kota Depok


Dhelia Wanti, Maswir Mawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap kepercayaan konsumen pada Eiger Store di Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey yang merupakan salah satu pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan studi kepustakaan, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis uji instrumen, uji asumsi dasar, dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti jumlahnya (populasi infinit) dan sampel yang didapatkan menggunakan metode rumus Lameshow sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persamaan regresi pada penelitian ini adalah Y' = 2,252 + 0,274X. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 51,4% hal ini menunjukan diferensiasi produk memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kepercayaan konsumen Eiger Store di Kota Depok, sedangkan sisanya sebesar 48,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Hasil analisis juga menunjukan nilai thitung 10,176 > nilai ttabel 1,660 artinya diferensiasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen Eiger Store di Depok.

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran edisi ke 12 Jilid ke 1. New Jersey: Indeks

Mowen, Jhon C. dan Michael Miror. 2005. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Afrialdy Swara. 2014. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rexona (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Deodorant Rexona Di Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom). Bandung : Universitas Telkom.

Atika Sidratul Muntaha. 2018. Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Loyalitas Konsumen Bisnis Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) Pekanbaru. JOM FISIP Vol 5: Edisi I Januari-Juni 2018.

Nobel Dovitasa Damanik. 2019. Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Pada Aplikasi Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hkbp Nommensen Medan). Medan.

Thariz Baharmal Dejawata. 2014. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan “Cake in Jar” Cafe Bunchbead Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 17 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.