Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran di Kedai Kopi Tuli – Duren Tiga Pancoran Jakarta Selatan


Faizatul Wahidah, Iis Mariam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi dan Kendala pada Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh penyandang Tuli di Kedai Kopi Tuli. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah co founder, barista, dan konsumen Kopi Tuli. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi / gabungan. Teknik pengelolahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, sedangkan metode analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang ditetapkan di Kedai Kopi Tuli adalah masih melakukan promosi secara langsung kepada konsumen, harga yang ditawarkan dapat dijangkau oleh kalangan menegah ke bawah, Kedai Kopi Tuli juga merupakan fasilitator antara masyarakat umum dengan Tuli sebagai tempat perkumpulan komunitas orang-orang Tuli atau biasa disebut dengan teman Tuli. Adapun media promosi yang digunakan dengan membuat papan tanda pengenal yang terpampang di depan toko sehingga para konsumen melihat keberadaan Kopi Tuli, dan memanfaatkan sosial media Instagram sebagai tempat sarana atau tempat menyebarluaskan informasi tentang Kopi Tuli kepada masyarakat. Penelitian ini memiliki implikasi praktis dalam bentuk Kedai Kopi Tuli agar dapat melakukan kegiatan promosi langsung dan tidak langsung, melalui Instagram dan kunjungan, dengan memanfaatkan penggunaan sosial media dan kunjungan dalam kegiatan pemasarannya agar produk dari Kopi Tuli dapat lebih di kenal oleh masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT Refika Aditama.

Tjiptono dan Chandra. 2012. Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang-Undang Dasar 1945 dalam pasal 27 ayat 2 tentang Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.