Implikasi Strategi Bisnis Jasa Kapal Pengangkut Batubara Berdasarkan Posisi Matriks BCG PT XYZ


Syifa Harfiany, Iis Mariam, Menik Wijiyanty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif PT XYZ pada tahun 2016 hingga 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, studi dokumen, studi kepustakaan, dan teknik triangulasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisa deskriptif, dan pendekatan Matriks Boston Consulting Group (BCG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi matriks PT XYZ terhadap pesaing pokoknya pada tahun 2016 berada pada posisi tanda tanya (question marks) dengan nilai pertumbuhan pasar sebesar 107% dan pangsa pasar relatif sebesar 0,0830. Pada tahun 2017, posisi PT XYZ berada pada posisi anjing (dogs) dengan tingkat pertumbuhan pasar sebesar -24,13% dan pangsa pasar sebesar 0,0805. Tahun 2018 PT XYZ berada pada posisi tanda tanya (question marks) dengan nilai pertumbuhan pasar sebesar 27,3% dan pangsa pasar sebesar 0,0825. Implikasi strategi pada posisi ini adalah memperbesar pangsa pasar (build) agar perusahaan dapat bergeser posisi menjadi bintang (stars). Strategi yang dapat diambil pada posisi build diantaranya yaitu peningkatan kualitas kapal pengangkut batubara, peningkatan kualitas pelayanan, perluasan komunikasi pemasaran, penambahan jumlah armada kapal, efisiensi arus kas tanpa mengurangi kualitas operasional kapal.

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Putu dan Anik Yuesti. 2018. Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif. Bali: Noah Aletheia

David, Fred R. dan Forest R. David. 2017. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Terjemahan oleh Novita Puspasari dan Liza Nurbani Puspitasari dari Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, 15th edition (2015). Jakarta: Salemba Empat.

Hidayah, Nur. 2018. Buku Ajar Manajemen Strategik. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran dari Marketing Management, Thirteenth Edition (2016). Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Terjemahan oleh Bob Sabran dari Marketing Management, Thirteenth Edition (2016). Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip and Kevil Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15 Global Edition. England: Pearson Education Limited

Muhammad, Suwarsono. 2017. Manajemen Strategik Konsep dan Alat Analisis. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Peter, Paul J dan Jerry C. Olson. 2017. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani dari Consumer Behaviour & Marketing Strategy, 9th ed. Jakarta: Salemba Empat

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing Suci, Puji Rahayu. 2015. Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo: Zifatama Publisher

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Azmansyah, Nofris dkk. (2019) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha N-Max (Studi Pada Pengguna Yamaha XMax di Yamaha Flagship Shop Bandung)

Foes, Agustinus Markus dkk. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Berlangganan Kembali Pada Harian Umum Timor Express Di Kota Kupang.

Nugroho, Eko Novianto. 2018. Analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) terhadap Kinerja Sekolah Tinggi dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing di Lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

Pandia, Muriska Rafiqa. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen

BAPPENAS. 2019. “Laporan Akhir Kajian Tercapainya Target DMO Batubara Sebesar 60% Produksi Nasional Pada Tahun 2019” (https://www.bappenas.go.id/files/5415/0898/5954/Laporan_Akhir_Kajian_DMO_Batubara_Final.pdf diakses 07 Mei 2020)

Bursa Efek Indonesia. “Annual Report PT Capitol Nusantara Indonesia, Tbk” (https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporankeuangan-dan-tahunan/ diakses 07 Mei 2020)

CEIC. “Indonesia Konsumsi Batubara” (https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/coal-consumption diakses 07 April 2020)

Humpuss Intermoda Transportasi. “Annual Report” (http://www.hits.co.id/investor/report diakses 07 Mei 2020)

Marine Traffic. 2020. “Voyage Information” (https://www.marinetraffic.com/en/ais/details/ships/shipid:757290/mmsi:525006390/imo:9139282/vessel:ANDHIKA_PARAMESTI diakses 08 Mei 2020)

Mitrabahtera Segara Sejati. “Annual Report” (https://www.mbss.co.id/id/investors/annual-report/diakses 07 Mei 2020)

Pelayaran Nasional Bina Buana Raya. “Annual Report” (http://bbr.co.id/en/annualreport/ diakses 17 April 2020)

Pelita Samudera Shipping. “Annual Report” (https://www.ptpss.co.id/investors/?lang=id diakses 07 Mei 2020)

Rig Tenders Indonesia. “Annual Report” (http://rigtenders.co.id/id/laporan-tahunan/ diakses 07 Mei 2020)

Transcoal Pacific. “Annual Report” (http://www.transcoalpacific.com/en/investor-relation diakses 07 Mei 2020)

Trans Power Marine. “Annual Report” (http://www.transpowermarine.com/annual.html diakses 07 Mei 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.