Efektivitas Iklan Produk Mie Sedaap dengan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)


Risma Ardilla, Tuti Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas iklan produk Mie Sedaap varian “Korean Spicy Chicken” dengan menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Action, Desire) pada followers dari akun media sosial Instagram @miesedaapid. Penelitian ini memiliki 33.930 populasi yang didapatkan dari followers akun media sosial Instagram @miesedaapid, maka sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Metode sampling yang digunakan adalah Non-Probability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner online yang disebar luaskan melalui direct message di Instagram. Data kemudian diolah menggunakan spss versi 25 for windows. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji signifikan T. Berdasarkan tiga tahapan tersebut, hasil analisis data yang telah dilakukan menujukkan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan produk untuk iklan produk Mie Sedaap varian “Korean Spicy Chicken” dengan menggunakan model AIDA pada followers akun media sosial Instagram @miesedaapid.

Full Text:

PDF

References


Ayu, Ida. 2016. Efektivitas Iklan dengan Analisis AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha di Kota Singaraja. Jurnal Vol.8 No. 3. Singaraja.

Abdul, Zainul & Wilopo. 2013. Pengaruh Penerapan AIDA Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Universitas Brawijaya.

Putri, C. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal manajemen dan start-up bisnis, 1(5), 594-603.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management: Millenium Edition. Upper Sadle River, New Jersey: Prentice – Hall, Inc.

Kotler, Philip. Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi ke 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Edisi ke 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Sofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.