Pengaruh Beban Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Divisi HCM PGN


Fitri Ramadhana, Syamsu Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara beban kerja dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi pada karyawan Divisi Human Capital Management PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan perusahaan dalam memberikan beban kerja dan memperhatikan pengembangan karir karyawan. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan populasi karyawan PT Perusahaan Gas Negara Tbk dengan sampel karyawan Divisi Human Capital Management sebanyak 55 responden. Dalam teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R², uji T, dan uji F. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS 26 for windows. Model persamaan regresi diperoleh nilai koefisien regresi variabel beban kerja (X1) dan pengembangan karir bernilai positif yang mengandung arti untuk setiap pertambahan beban kerja (X1) maupun pengembangan karir (X2) sebesar satu satuan akan menyebabkan meningkatnya komitmen organisasi (Y). Berdasarkan hasil korelasi secara parsial variabel beban kerja (X1) memberikan pengaruh terhadap komitmen organisasi (Y) sebesar 65,29%, sedangkan variabel pengembangan karir (X2) memberikan pengaruh terhadap komitmen organisasi (Y) sebesar 66,91%. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 73,7% komitmen organisasi dipengaruhi oleh beban kerja dan pengembangan karir sedangkan sisanya 26,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini seperti lingkungan kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawan dan lain sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Handoko, Dicky Surya dan Muis Fauzi Rambe. 2018. Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja dalam Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol. 1 No. 1, September 2018. Sumatera Utara.

Budiningsih, Setyo, Moh. Mukeri Warso dkk. 2018. Hubungan Pengembangan Karir dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Implikasinya Pada Komitmen Organisasional PT Pertani (Persero), Wilayah Jateng & DIY. [Tugas Akhir]. Semarang: Universitas Pandanaran Semarang.

Dessler. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Solo: TB Rahma Solo

Mondy, R. Wayne. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2014. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sopiah. 2013. Perilaku Organisasi. Bandung: Penerbit Andi

Prastowo, Andi. 2010. Manajemen Pengembangan Karir. Jogjakarta: DIVA Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.