PERBANDINGAN DASAR KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM BERDONASI SECARA ONLINE DAN OFFLINE


Zalfa Tiara Putri, Darna Darna

Abstract


Menurut data Dompet Dhuafa (2020), hasil penggalangan dana yang dilakukan secara langsung lebih besar daripada penggalangan dana yang dilakukan secara online. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan keputusan berdonasi pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang perbedaan keputusan dalam berdonasi secara online dan offline berdasarkan jiwa sosial, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, pengetahuan teknologi, persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif-kuantitatif dengan teknik analisa data Mann Whitney U-Test. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner online melalui google form. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling  dengan mengambil sampel sebanyak 110 orang yang dibagi menjadi dua yaitu 52 orang yang berdonasi secara online dan 58 orang yang berdonasi secara offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keputusan dalam berdonasi pada seseorang berdasarkan jiwa sosial, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan dan pengetahuan teknologi. Sedangkan, faktor persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan tidak memiliki pengaruh terhadap perbedaan keputusan seseorang dalam berdonasi secara online dan offline. Artinya, ada atau tidak adanya kemudahan dan manfaat dalam sistem donasi, maka hal tersebut tidak mempengaruhi keputusan pada dua kelompok masyarakat yang berdonasi secara online dan offline. Hasil penelitian ini diharapkan mempunyai implikasi terhadap pihak-pihak yang terkait seperti lembaga kegiatan amal, donatur, calon donatur dan para akademisi. 


Full Text:

PDF

References


Ahmad, & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan, dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Jurnal Studi Manajemen, 8, 4. Retrieved Mei 7, 2022

Aieni, A. N., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(1), 86-96. Retrieved from https://journal.unimma.ac.id/

Andriyani, D. (2014). Pengaruh Faktor Keamanan, Pengetahuan Teknologi Internet, Kualitas Layanan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Jejaring Sosial.

Aziz, I. A., Nurwahidin, N., & Chailis, I. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. Jurnal Syarikah, 5(1), 94-108. doi:https://doi.org/10.30997/jsei.v5i1.1835

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarteky, 13(3), 319-339. doi:DOI:10.2307/249008

Dompet Dhuafa. (2020, Juni 30). LAZ Siap Transformasi ke Era Digital. Retrieved from Dompet Dhuafa: https://www.dompetdhuafa.org/

Fajri, I. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Masyarakat Jakarta Dalam Membayar Zakat Melalui BAZNAS/LAZNAS.

Filantropi Indonesia. (2021, Juni 15). Indonesia Kembali Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia. Retrieved April 4, 2022, from Filantropi Indonesia: https://filantropi.or.id

GoPay. (2022, April 21). GoPay Rilis Riset Donasi Digital untuk Dukung #SejutaKebaikan. Retrieved from GoPay: https://gopay.co.id/

Hamidah, D. N. (2020). PENGARUH PENDAPATAN, PENGETAHUAN ZAKAT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT (STUDI MASYARAKAT KOTA MALANG). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 9(1). Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/

Handayani, A., Azman, H. A., & Ismail, I. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. EKONOMI SYARIAH: Journal of Economic, 3, 3-4. Retrieved Juli 11, 2022

Hariyani, I., & Serfiyani, C. Y. (2015, Desember). Perlindungan Hukum Sistem Donation Based Crowdfunding Pada Pendanaan Industri Kreatif Di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 12, 8. Retrieved Mei 14, 2022

Irhamsyah, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Yang Mempengaruhi Keputusan Metode Pembayaran Zakat Bagi Muzakki di Era Digital.

Julianto, D., & Utari, P. A. (2019). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu Di Sumatera Barat. IKRAITH EKONOMIKA, 2, 126. Retrieved Juli 12, 2022, from media.neliti.com

Kitabisa.com. (2020, Desember 18). Kaleidoskop 2020: Gotong Royong Masyarakat Indonesia Justru Meningkat Pesat Selama Pandemi. Retrieved from Kitabisa.com: https://blog.kitabisa.com/

Kumbara, V. B. (2021). Determinansi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630. doi:https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Linardi, C., & Nur, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berdonasi Melalui Platrform Crowdfunding. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(2), 249-267. doi:https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i2.181

Qardhawi, Y. (2004). Hukum Zakat. Bogor: Bogor Universal Law Publishing.

Rizky, R. N. (2020). Pengaruh Harga, Pendapatan, dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Impor Pada Konsumen Pengguna E-Commerce Sociolla (Studi Pada Mahasiswa di Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah FEB Universitas Brawijaya, 9(1). Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/

Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen (1 ed.). Bogor: PT Penerbit IPB Press. Retrieved Mei 6, 2022

Thompson, R. L., Higgins, C. A., & Howell, J. M. (1991). Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization. MIS Quarterly, 15(1), 125-143. doi:https://doi.org/10.2307/249443

Tyasmasdanti, F. (2021). Faktor-Faktor Pengaruh Keputusan Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding Berbasis Online.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, N. S., Muthohar, A. M., & Ridlo, M. (2021). Analisis Tingkat Pendapatan, Kepercayaan dan Reputasi terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. IQTISHODUNA, 17(1), 1-16. doi:https://doi.org/10.18860/iq.v17i1.10630

Zulfian, D. M. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Berdonasi Secara Online Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.