Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Di Jabodetabek


Budi Muhammad, Mia Andika

Abstract


Perilaku keputusan investasi seseorang dapat dipengaruhi oleh pengetahuan investasi, literasi keuangan dan pendapatan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pengetahuan investasi dan pendapatan terhadap pengambilan keputusan investasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 150 mahasiswa Di Jabodetabek. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah dinyatakan lulus uji validitas dan reiabilitas sedangkan analisis data menggunakan uji asumsi klasik melalui uji normalitas dan uji multikolinearitas. Adapun uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji parsial (uji T). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1). Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku keputusan investasi, 2). Pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keputusan investasi. Artinya, semakin tinggi nilai investasi maka semakin baik perilaku keputusan yang akan dilakukan. 3). Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keputusan investasi. Artinya, semakin tinggi nilai pendapatan maka semakin baik perilaku keputusan yang akan dilakukan.

Kata-Kata Kunci: Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Pendapatan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Dahlan Malik. (2017). Analisa Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1);23-31.

Ari Wibowo & Purwohandoko. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE UNESA Yang Terdaftar Di Galeri Investasi FE UNESA). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1):102-110.

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 2(1): 44-56.

Dewi, I. M., & Purbawangsa, I. A. (2018). Dewi, I. M., & Purbawangsa, I. B. A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Serta Masa Bekerja Terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 7 (7): 1867-1894.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(7): 76-85.

Pajar, rizki chaerul & adeng pustikaningsih. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Maahsiswa FE UNY. Jurnal Provita Edisi 1, 5(1);23-29

Putra, I. E., Putra, I. C., & Manuari, I. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Investasi Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Bei. Jurnal Kharisma, 333-344.

Rani, N. D. (2021). Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Lampung: Radenintan.

Sari, D. R. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan, Dan Pendidikan Terhadap Keputusan Investasi Keluarga Etnis China Di Surabaya. Surabaya: Stie Perbanas Surabaya.

Utami, L. P., & Marpaung , N. N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Karyawan (Studi Di Pt. Mulia Boga Raya Tbk). Jurnal Parameter, 96-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.