Variabel Yang Menentukan Keputusan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Platform Digital Bukalapak


Isnalia Adrin, Darna Darna

Abstract


Pentingnya digitalisasi zakat, selain dapat menjangkau banyak muzakki dalam pengumpulan dana zakat juga diharapkan bisa lebih banyak masyarakat yang menerima penyaluran dana zakat tersebut. Faktanya masih sedikit sekali masyarakat yang mengetahui dan menggunakan platform digital tersebut sebagai sarana pembayaran zakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji brand awereness, pengetahuan teknologi, kepercayaan, pengaruh iklan, kemudahan terhadap keputusan masyarakat dalam membayar zakat melalui platform digital Bukalapak. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Populasinya adalah masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek dengan sampel non-probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan pengguna e-commerce Bukalapak. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikansi pada variabel brand awereness, pengetahuan teknologi, kepercayaan, pengaruh iklan dan kemudahan terhadap keputusan muzakki membayar zakat. Artinya semakin tinggi pemahaman masyarakat terhadap variabel brand awereness, pengetahuan teknologi, kepercayaan, pengaruh iklan dan kemudahan maka akan mempengaruhi tingkat keputusan masyarakat dalam membayar zakat melalui platform digital Bukalapak. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan implikasi terhadap Bukalapak khususnya pada fitur Buka Zakat supaya bisa meningkatkan lagi penyebaran informasi dan promosi yang lebih luas mengenai sarana pembayaran zakat online di Bukalapak melalui pegawai lembaga amil zakat dan sarana periklanan

Full Text:

PDF

References


Andriyani, D. (2014). Pengaruh Faktor Keamanan, Pengetahuan, Teknologi Internet, Kualitas Layanan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Bengkulu: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Bengkulu.

Azizah, N., Hasbi, S., & Yetty, F. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Transparansi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan ZIS Di KITABISA.COM. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, Vol. 06 No. 02.

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Edisi 4, Penerbit: CV Andi.

Endrawati. (2018). Pengaruh Iklan zakat menggunakan Media sosiaL, dan Kepuasan Muzaki (Studi Kasus Manajemen Bisnis Islam Kota Yogyakarta). Jambi: Fakultas Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Hardiawan, A. C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Irhamsyah, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Yang Mempengaruhi Keputusan Metode Pembayaran Zakat Bagi Muzakki di Era Digital. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.

Iswara, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Khairunnisa, A. H. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02), Vol.6 No.2, 284-293.

Lely, F. N. (2018). Analisis Pengelolaan Zakat Dalam Program Asuransi Kantor Zakat (ASKAZ) Sebagai Upaya Menuju Kemandirian Ekonomi Mustahik. Kediri: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Ramadhan, U. K. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan, Transparansi Terhadap Keputusan Donatur Dan Muzaki Dalam Membayar Zakat,Infak, Sedekah Melalui Platform E- Wallet. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rostiana, S. A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Muslim Milenial dalam membayar zakat secara Online Melalui Platform Fintech. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. (2021). Analisis Brand Awereness dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya di Makassar. Journal of Business Administration, Vo.1 No.1.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol.8 No.1.

Tantriana, D., & Rahmawati, L. (2018). The Analysis of Surabaya Muzaki’s Preference for Zakat Payment through Zakat Digital Method. Internasional Conference of Zakat, State Islamic University of Sunan Ampel Surabaya, ISSN: 2655-62


Refbacks

  • There are currently no refbacks.