Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Pada Generasi Milenial (Studi Pada Generasi Milenial Usia 18-34 Tahun di DKI Jakarta)


Alifia Widyastuti, Petrus Hari Kuncoro Seno

Abstract


Jumlah investor di pasar modal meningkat pada tahun 2022. Meningkatnya jumlah investor di pasar modal salah satunya dipengaruhi oleh digitalisasi dimana banyak tersebar konten-konten di media sosial, salah satunya konten pasar modal. Peningkatan jumlah investor saat ini didominasi oleh generasi milenial karena generasi milenial merupakan generasi yang update tentang sesuatu hal dan memiliki jiwa ingin tahu yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari sosial media, risk perception, serta literasi keuangan terhadap keputusan investasi generasi milenial di daerah DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 116 responden yang berasal dari generasi milenial di daerah DKI Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sosial media dan literasi keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan investasi. Sedangkan variabel lain yaitu risk perception tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi.

Full Text:

PDF

References


Ainia, N. S. N., and Lutfi, L. 2019. The influence of risk perception, risk tolerance, overconfidence, and loss aversion towards investment decision making. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura Vol. 21(3) : 401-413. DOI: 10.14414/jebav.v21i3.1663

Al Atoom, S. A., Alafi, K. K., & Al-Fedawi, M. M. (2021). The Effect of Social Media on Making Investment Decisions for Investors in Amman Financial Market. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(6), 934-960.

Alquraan, T., Alqisie, A., & Shorafa, A. (2016, June). Do Behavioural Finance Factors Influence Stock Investment Decision of Individual. American International Journal of Contemporary Research, 6(3).

Budiman, I., Maulana, Z., & Kamal, S. (2021). Pengaruh Literacy Financial, Experienced Regret, dan Overconfidence Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 321-330.

Chaitanya, D. B., & Nordin, N. (2021). The Relationship between Psychological Factors, Risk Perception and Social Media on Investment Decision Making. International Journal of Advanced Research in Economics and Finance, 3(4), 55-72.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Hidayat, W. W. (2019). Konsep dasar investasi dan pasar modal. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Henderi, Muhammad Yusuf, Yuliana Isma Graha. 2007. Pengertian Media Sosial. Jakarta : Kencana.

Jones, Charles P. (2007) Investment: Analysis and Management. 10th Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Khatik, S. K., Joshi, R., & Adwani, V. K. INFERRING THE ROLE OF SOCIAL MEDIA ON GEN Z’S INVESTMENTS DECISIONS. Journal of Content, Community & Communication, 14(7), 309-317.

Ladamay, A. Z. F., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, Risiko, Imbal Hasil, dan Religiusitas Terhadap Minat Berinvestasi Sukuk Generasi Z di Jakarta. Islamic Economics Journal, 7(2), 161-185.

Maharani, B., & Hidayah, N. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(2), 275-286.

Mutawally, F. W., & Asandimitra, N. (2019). Pengaruh financial literacy, risk perception, behavioral finance dan pengalaman investasi terhadap keputusan investasi mahasiswa surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4), 942-953.

Nuryadi, N., Astuti, T. D., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statstk Penelitan. Yogyakarta: Grama Surya.

Pahlevi, F. S. (2021). Legal Standing Influencer Saham di Indonesia. Invest Journal of Sharia & Economic Law, 1(2), 17-41.

Putra, I. P. S., Ananingtiyas, H., Sari, D. R., Dewi, A. S., & Silvy, M. (2016). Pengaruh tingkat literasi keuangan, experienced regret, dan risk tolerance pada pemilihan jenis investasi. Journal of Business and Banking, 5(2), 271-282.

Putri, N. M. D. R., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh tingkat financial literacy dan faktor sosiodemografi terhadap perilaku keputusan investasi individu. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(9), 3407-3434.

Pradikasari, E., & Isbanah, Y. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Illusion of Control, Overconfidence, Risk Tolerance, dan Risk Perception Terhadap Keputusan Investasi Pada Mahasiswa di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(4), 424–434.

Taleb, Safa K. A., and Nilsson, F. 2021. Impact of Social Media on Investment Decision. Thesis. Department of Business Administration. International Business Program Bachelor Thesis. UMEA UNIVERSITET.

Utami, N., & Sitanggang, M. L. (2021). The Analysis of Financial Literacy and Its Impact on Investment Decisions: A Study on Generation Z In Jakarta. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9(1), 33-40.

V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015), hal. 12

Wulandari, D. A., & Iramani, R. (2014). Studi Experienced Regret, Risk Tolerance, Overconfidance Dan Risk Perception Pada Pengambilan Keputusan Investasi. Journal of business and banking, 4(1), 55-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.