PENINGKATAN MINAT GENERASI MILENIAL DALAM BERINVESTASI SAHAM DI APLIKASI ONLINE TRADING MOTION TRADE (STUDI KASUS MAHASISWA AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA)


Nanda Rizka Hanifah, Fatimah Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kemudahan Layanan, Tingkat Keamanan, Resiko Investasi terhadap minat berinvestasi saham generasi milenial di Aplikasi Online Trading Motion Trade. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada 84 responden yang mengatahui aplikasi online trading Motion Trade. Metode pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji regresi linear berganda menunjukkan hasil Kemudahan Layanan, Tingkat Keamanan, Resiko Investasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap minat berinvestasi saham. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi PT. MNC Sekuritas dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk berinvestasi saham.


Full Text:

PDF

References


Adnyana, I Made. (2020). Manajemen Investasi dan Portofolio. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Anggraini, Nia & R Rudi Alhempi. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.9 Februari 2021.

Amin, Mukhlis. (2014). Pengukuran Tingkat Kesadaran Keamanan Informasi Menggunakan Multiple Criteria Decision Analysis (MCDA). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Vol. 5 No. 1 (Juli - Oktober 2014).

Arindianty, Adisty dan Merita. (2017). Analisis Kualitas Jasa Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Baker Street Café Bandung. Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 1 No. 1.

Azizah, Zahro Hayati. (2020). Mendefinisikan Kembali Konsep Keamanan dalam Agenda Kebijakan Negara-Bangsa. Jurnal Diplomasi Pertahanan, Volume 6, Nomor 3, 2020.

Badan Pusat Statistik. (2022). Transaksi dan Indeks Saham di Bursa Efek. (Jakarta: BPS)

Direktorat Politik dan Komunikasi. (2016). Laporan Kajian Indeks Keamanan Investasi Indonesia Tahun 2016. (Jakarta: Kementerian PPN/ Bappenas).

Hakim, Luqman. (2010). Simultan Risk & Return. (Banyumas: Penerbit CV. Pena Persada).

Kusumawati, Dian & Safiq. (2019). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Investment Opportunity Set Dan Implikasinya Terhadap Return Saham. Jurnal STEI Ekonomi Vol. 28 No. 01

Lisa, Harrison (2017). Metode Penelitian Politik, (Jakarta: PT Pajar Interpratama Offset, Kencana).

Mahmud. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, cet 2. (Bandung: Pustaka Setia)

Margono. S (2016). Metode Penelitian Pendidikan, cet 3 (Jakarta: PT. Rieneke Cipta)

Muharam, Noviasih. (2018). Perlindungan Hukum Investor Dalam Pembelian Kembali Sahamnya. Jurnal Pranata Hukum, Vol. 13, No. 1.

Naldo. (2018). Studi Observasi terhadap Penggunaan Aplikasi LINE oleh Generasi Millenial. Jurnal Sosial Humaniora Terapan Volume 1 Nomor 1

Nuril, Hidayati. (2017). Investasi Analisa dan Relevansinya Dengan Ekonomi Islam. Jurnal Studi Ekonomi Syariah, Vol. 8, No. 2.

Onasie, Vania & Sawidji Widoatmojo. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No. 2/2020.

Pakaya, Sri Isnawati. (2019). Resiko Investasi Di Pasar Modal: Suatu Pengantar. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNG

Sanapiah, Faisal. (2016). Format-format Penelitian Sosial, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: PT Alfabet.)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: m Alfabeta, CV.)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.