KEMUDAHAN INFORMASI, KECEPATAN LAYANAN DAN KUALITAS LABA PERUSAHAAN BERPENGARUH TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN E-IPO


Adelia Adelia, Endang Purwaningrum

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kemudahan informasi, kecepatan layanan dan kualitas laba perusahaan terhadap minat berinvestasi mahasiswa jurusan akuntansi Politeknik Negeri Jakarta dalam berinvestasi saham pada perusahaan E-IPO. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 dengan sampel 74 responden, metode sampling dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukan, secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara kemudahan informasi terhadap minat berinvestasi mahasiswa pada perusahaan E-IPO, kedua tidak terdapat pengaruh signifikan antara kecepatan layanan terhadap minat berinvestasi mahasiswa pada perusahaan E-IPO, ketiga terdapat pengaruh signifikan antara kualitas laba perusahaan terhadap minat berinvestasi mahasiswa pada perusahaan E-IPO. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara kemudahan informasi, kecepatan layanan dan kualitas laba perusahaan terhadap minat berinvestasi mahasiswa pada perusahaan E-IPO.


Full Text:

PDF

References


Adnyana, I Made. (2020). Manajemen Investasi dan Portofolio. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas

Nasional (LPU-UNAS).

Agustina, Rice. (2016). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran

Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Volume 6, Nomor 01, April 2016.

Anggraini, Nia & R Rudi Alhempi. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru.

Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.9 Februari 2021.

Apsari, Ida Ayu Prabadewi, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi, dan

Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna SIMDA. E-JA e-Jurnal Akuntansi e-ISSN 2302-8556 Vol. 30 No. 3 Denpasar, Maret 2020 Hal. 611-623.

Arindianty, Adisty dan Merita. (2017). Analisis Kualitas Jasa Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen

di Baker Street Café Bandung. Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 1 No. 1.

Gede, Nyoman. (2021). Analisis Yuridis Penyelesaian Sengketa Electronic Indonesia Public Offering

(E-IPO) melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia. Jurnal Prodi Magister Hukum FH Unmas Denpasar, Vol.1, No.1.

Hartini, Sri. (2016). Peran dan Fungsi Pasar Modal Dalam Perekonomian Suatu Negara. Jurnal Yustisi,

Vol. 3, No. 2.

Karim, Nina Karina, dkk. (2019). Kualitas Laba dan Pengukurannya pada Perusahaan Jasa Pendukung

Industri Pariwisata. JAA Vol. 4, No. 1, Oktober 2019.

Lisa, Harrison (2017). Metode Penelitian Politik, (Jakarta: PT Pajar Interpratama Offset, Kencana).

Mahmud. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, cet 2. (Bandung: Pustaka Setia)

Margono. S (2016). Metode Penelitian Pendidikan, cet 3. (Jakarta: PT. Rieneke Cipta)

Muharam, Noviasih. (2018). Perlindungan Hukum Investor Dalam Pembelian Kembali Sahamnya. Jurnal

Pranata Hukum, Vol. 13, No. 1.

Nuril, Hidayati. (2017). Investasi Analisa dan Relevansinya Dengan Ekonomi Islam. Jurnal Studi Ekonomi

Syariah, Vol. 8, No. 2.

Purnama, Chamdan. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Mojokerto: Insan Global.

Rukmiyati, Ni Made Sri & I Ketut Budiartha. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas

Informasi dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1 (2016) : 115-142.

Sanapiah, Faisal. (2016). Format-format Penelitian Sosial, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: PT Alfabet.)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: m Alfabeta, CV.)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.