Analisis Reaksi Pasar Modal Setelah Pengumuman Initial Public Offering (IPO) Pada Perusahaan Yang Telah Terdaftar di BEI (Studi Kasus Pada Perusahaan Initial Public Offering Yang Masuk ke Dalam Papan Utama Periode 2019-2021)


Amin Akbar Hafizh, Fathir Ashfath

Abstract


Penelitian ingin mengetahui bagaimana reaksi pasar modal setelah pengumuman initial public offering (IPO) dan kinerja saham setahun setelah IPO pada perusahaan yang telah terdaftar di bursa efek indonesia dengan studi kasus pada perusahaan IPO yang masuk ke dalam papan utama periode 2019-2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian berjumlah 28 perusahaan dengan masa listing di bursa adalah satu tahun setelah melakukan IPO. Metode uji beda dua arah menggunakan paired sample t-test (parametrik) dan uji wilcoxon (non-parametrik). Hasil dari penelitian ini yaitu kinerja saham dalam jangka panjang mengalami penurunan performa walaupun masih dapat dikatakan tetap memberikan kinerja yang positif dan mengalami outperformed. Jangka pendek atau jangka panjang pada harga penawaran perdana mengalami perbedaan dan pada harga penutupan tidak mengalami perbedaan.

Kata-Kata Kunci: Abnormal Return, Trading Volume Activity, Initial Public Offering


Full Text:

PDF

References


Aryasa, I. C., & Suaryana, I. A. (2017). REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1426-1454.

Bodie, Z., Kane, A., & Marcus, A. (2018). Investment. New York: McGraw-Hill Education.

IDX Channel.com. (2022, Maret 22). Lima Alasan Perusahaan Harus Melakukan IPO. Retrieved 04 16, 2022, from IDX Channel.com: https://www.idxchannel.com/milenomic/lima-alasan-perusahaan-harus-melakukan-ipo#:~:text=Tentunya%20alasan%20melakukan%20IPO%20adalah,terbaik%20untuk%20mendapatkan%20dana%20segar.&text=Tentunya%20secara%20otomatis%2C%20akan%20membuka,sarana%20permodalan%20

Muzakir, M. F. (2020). REAKSI PASAR MODAL TERHADAP BERITA COVID-19 DI INDONESIA SEJAK DIUMUMKAN RESMI OLEH PRESIDEN PADA BURSA EFEK INDONESIA. EFEKTIF Jurnal Bisnis dan Ekonomi Volume 11, No.2, 123-132.

Purba, A. A. (2019). ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN SEKTOR NON KEUANGAN YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2011-2017. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Introduction to research. In U. Sekaran, & R. Bougie, Research methods for business : a skill-building approach (pp. 2-44). United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Stella, C., & Mustika, J. (2018). Initial Public Offering (IPO) dan Reaksinya. Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis, 98-107.

Suganda, T. R. (2019). Event Study Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal Indonesia. Malang: Seribu Bintang.

Wijayanti, R. (2020). REAKSI PASAR MODAL INDONESIA PADA SAAT TERJADI PANDEMI COVID 19. Repository FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL, 1-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.